Keterangan gambar: Gambar terbaru Nebula Messier 17. Karena bentuknya itu, ia memiliki beberapa nama seperti Nebula Bunga Mawar, Nebula Omega, Nebula Angsa, Nebula Tapal Kuda atau Nebula Lobster.(ESO)

Oleh: Lin Yan

Karena tertarik dengan pesonanya, untuk kesekian kalinya, para astronom kembali mengamati Nebula Messier 17 yang jauhnya 5,500 tahun cahaya dari bumi.

Seperti dilansir “The Washington Post” (23/9), Nebula Messier 17 bukanlah hasil temuan benda langit baru, karena ia telah memiliki beberapa nama yang indah, misalnya Nebula Omega, Nebula Angsa, Nebula Tapal Kuda, atau Nebula Lobster dan sebagainya.

Ia memiliki sebutan sebagai bunga mawar, karena mirip dengan seuntai mahkota bunga mawar.

Nebula Messier memiliki ukuran 15 tahun cahaya besarnya, dengan massa 800 kali dari massa matahari, sedangkan massa gas antar planet keberadaannya adalah 30,000 kali-nya matahari. Sementara itu, Nebula Messier 17 memiliki sebuah area HII, yang tengah mengandung bintang. Para ilmuwan memperkirakan, bahwa unsur hidrogen di antaraya itu menghasilkan benda langit raksasa yang panas, sementara itu, bagian dari materi gas bintang yang baru lahir itu mengalami perubahan ionisasi, dan melepaskan gas ke ruang angkasa dengan kecepatan supersonik.

Keterangan gambar: Daun mahkota bunga mawar. (Fotolia:Duncan Andison)
Keterangan gambar (Kiri) Gambar bintang baru dari Nebula Messier 17 yang dirilis ESO pada Mei 2004 silam. (Kanan) Gambar bagian dari Nebula Messier 17 yang dirilis ESO pada Januari 2012 lalu. (internet)

Nebula Messier 17 kemungkinan mengandung ribuan bintang, ditambah dengan pancaran gas hydrogen berenergi tinggi, sehingga baru membentuk mahkota bunga mawar yang indah dengan paduan warna merah dan pink.

Sementara itu, laman situs phys.org (23/9) lalu menyebutkan, bahwa astronom menggunakan teleskop MPG/ESO 2.2 meter milik European Southern Observatory (ESO) di La Silla Observatory, Chile, untuk melakukan pengamatan dan fotografi baru terhadap Nebula Messier 17.

Gambar terkait dengan jelas menunjukkan kontur seluruh Nebula dan awan gas, debu serta bintang baru lahir di dalamnya, misalnya gugusan bintang NGC 6618 di antaranya itu mengandung 35 bintang. Jumlah bintang di dalamnya itu diperkirakan mencapai 800 bintang di bagian pusat, dan lebih banyak lagi di sekelilingnya. Benda-benda langit yang terbentuk secara teratur ini melepaskan energi, dan ditilik dari kejauhan 5,500 tahun cahaya dari bumi, ia merupakan seuntai daun mahkota bunga mawar yang indah. (joni/rmat)

 

Share

Video Popular