Makan bersama sebagai sebuah keluarga adalah hal yang langka saat ini. Orangtua selalu sibuk dan anak-anak memiliki rencana mereka sendiri. Setiap anggota keluarga makan pagi dan makan malam mereka tidak menunggu anggota keluarga lainya untuk makan bersama.

Mengapa begitu pentingnya untuk menyempatkan makan bersama dalam keluarga? Berikut beberapa alasan dan manfaat makan bersama dalam keluarga.

Menghormati ibu dan ayah

Anak-anak yang rutin memiliki sarapan dan makan malam dengan Ibunya saja, cenderung akan berpikir bahwa seorang Ibu adalah orangtua yang terpenting daripada Ayah, karena dia selalu menemukan waktu untuk makan bersama, sementara Ayah sibuk bekerja di sepanjang waktu.

Dan sebaliknya. Ketika makan bersama dengan anak – anak Anda, sebagai sebuah keluarga yang utuh setiap hari, maka anak-anak dapat belajar untuk menghormati kedua orangtuanya. Dengan demikian, anak –anak dapat mengerti bahwa kedua orangtua mereka sibuk, tapi masih meluangkan waktu untuk berbagi makanan dengan mereka.

Mengonsumsi makanan sehat

Sebagai orangtua yang baik, Anda hendaknya dapat rutin untuk menyajikan makanan yang sehat bagi anggota keluarga Anda. Setiap hari, sarapan dan makan malam adalah dua jenis makanan terpenting serta sumber nutrisi yang bermanfaat sebagai bahan bakar tubuh.

Dapat berbicara satu sama lain

Ya, dengan makan bersama Anda dapat berbicara satu sama lain setiap saat, pikirkan seberapa sering Anda dapat berkumpul bersama sebagai sebuah keluarga sehingga Anda bisa bicara? Makan bersama adalah kesempatan bagus untuk melihat dan berbicara satu sama lain. Pastikan Anda tidak berbagi berita buruk. Membahas beberapa hal inspiratif, kebiasaan yang sehat dan merencanakan beberapa perjalanan keluarga. Dengan cara ini, anak-anak Anda akan selalu mengasosiasikan waktu makan keluarga dengan pembicaraan yang positif dan makanan lezat.

Menjadi satu unit keluarga

Jika ada beberapa masalah keluarga dan tidak tahu bagaimana menangani, Anda dapat memulai tradisi makan bersama-sama. Ini kesempatan yang sangat baik untuk menjadi unit keluarga dan meningkatkan hubungan Anda dengan anak-anak, atau membantu suami Anda menjadi Ayah yang lebih baik bagi anak-anaknya. Makan bersama sebagai sebuah keluarga merupakan solusi bijak bagi anggota keluarga,di mana orangtua dapat mencoba untuk bergaul dengan anak atau di mana seorang anak menantu perempuan juga dapat belajar membian hubungan yang baik dengan Ibu mertuanya.

Menikmati waktu keluarga yang harmonis

Bagi seorang anak, uang bukanlah segalanya. Anak – anak juga sangat membutuhkan cinta, perhatian, kasih sayang dan komunikasi yang hangat dan harmonis dari kedua orang tuanya.

Jika Anda dan suami Anda memiliki jadwal kegiatan yang sibuk dan tidak selalu memiliki waktu luang untuk bersama dengan anak-anak Anda, Anda dapat mulai kebiasaan untuk makan bersama Ini adalah cara yang baik untuk menikmati waktu keluarga yang berkualitas, sehingga dapat menunjukkan pada anak bahwa mereka adalah keluarga yang nyata dan harmonis.

Pelajari tata cara makan yang baik

Bila Anda memiliki anak kecil, kegiatan makan bersama adalah cara mudah untuk menunjukkan serta mengajarkan mereka tata cara makan yang baik. Dengan demikian, anak dapat belajar etiket, tata cara makan serta berperilaku yang baik saat makan di meja makan, yang akan menjadi modal perilaku yang baik sampai dewasa nantinya.

Menciptakan kenangan yang indah

Ketika anak-anak Anda tumbuh dewasa, mereka tidak akan pernah melupakan kenangan yang menyenangkan semasa kecilnya serta waktu yang berharga saat makan bersama anggota keluarga.

Mereka akan tahu betapa pentingnya untuk makan bersama sebagai sebuah keluarga yang utuh dan pasti akan mengajarkan serta meneruskan pada anak-anak mereka juga.

Tradisi untuk makan bersama anggota keluarga adalah warisan moral yang baik dan harus dilakukan dari generasi ke generasi. Ada banyak manfaat dari makan bersama sebagai sebuah keluarga, sehingga dapat membentuk sebuah keluarga yang harmonis.

Ajarkan anak Anda untuk menghargai waktu makan bersama anggota keluarga dan menunjukkan kepada mereka bagaimana berperilaku makan yang baik di meja.(Anai/Yant)

Share

Video Popular