Pria yang mengenakan jas terkesan lebih gagah, memperlihatkan karismanya. Saat sekarang ini jas menjadi busana tren bagi kaum muda. Mengenakan jas sangat mengedepankan keselarasan dengan postur tubuh di samping panjangnya jas. Selain itu, satu hal penting lainnya adalah lebar bahu. Jas besar model “abah” sebaiknya jangan masuk dalam daftar pertimbangan saat Anda membeli, jika tidak, bersiap-siaplah menjadi bahan lelucon di mata orang-orang sekeliling Anda.

Beberapa kriteria yang perlu diperhatikan saat membeli dan mengenakan jas:

1. Setidaknya menutupi separuh pinggul atau sedikit di bawah pinggul.

2. Kedua lengan jas jatuh alami, panjang jas mencapai ruas kedua jari manis Anda, panjang lengannya persis pada lipatan jempol tangan anda, atau ujung jas sejajar dengan ibu jari Anda. Jangan terlalu panjang atau terlalupendek, sebab terlalu panjang akan terlihat kedodoran.

3. Berdasarkan bagian tubuh pinggang ke atas dan pinggang ke bawah dengan rasio1 banding 1.

Pria tinggi kurus kenakan jas kancing baris tunggal, pria gemuk pendek kenakan jas kancing baris ganda

Orang berpostur gemuk, jika mengenakan jas yang memiliki lekuk pinggang yang ramping jelas akan terlihat terlalu dipaksakan. Sedangkan postur tinggi kurus dianjurkan jas dengan kancing baris tunggal. Kemudian pria berpostur pendek gemuk disarankan memilih jas dengan kancing baris ganda. Dibandingkan dengan kancing baris tunggal, kancing baris ganda terkesan lebih stabil. Tiga kancing terlihat lebih muda, empat kancing terkesan lebih santai.

Orang dengan perut bundar disarankan memakai 2 kancing, karena dapat memberi kesan merampingkan pinggang; 3 kancing akan menonjolkan lekuk pinggang, dengan kancing paling bawah tidak dikancingkan. Jas yang berkancing 3 biasanya yang dikancingkan hanya kancing tengah; sedangkan jika 2 kancing, yang biasanya dikancingkan hanya kancing teratas, yang paling bawah tidak dikancingkan.

Selain itu, jangan memasukkan barang-barang ke dalam kantong jas ataupun celana, seperti dompet, kunci, HP, uang receh, dan lain-lain, karena akan membuat jas berubah bentuk dan terlihat tidak indah, ini harus diperhatikan. (Lie/Yant)

Share
Tag: Kategori: KELUARGA

Video Popular