Keterangan gambar: Meskipun secara fisik tampak tidak ada perbedaan yang mencolok dengan iPhone 6, namun, iPhone 6S memiliki sembilan fitur baru yang tidak dimiliki iPhone 6. (AFP PHOTO/JOSH EDELSON)

Oleh: Lin Yan

iPhone 6S secara resmi mulai dijual pada 25 September 2015 lalu, meskipun secara fisik tampak tidak ada perbedaan yang mencolok dengan iPhone 6, namun, iPhone 6S memiliki sembilan fitur baru yang tidak dimiliki iPhone 6.
Berikut sembilan fitur baru yang disematkan pada iPhone 6S seperti dilansir laman “Business Insider” 27 September lalu.

1. Mengambil gambar bergerak (Live Photos)

Gambar diam dapat menangkap keindahan sesaat, sementara gambar bergerak dapat mengubah keindahan sesaat itu menjadi kenangan foto lengkap dengan gerakan dan suaranya seolah mirip seperti video. Itu bukan foto, tetapi juga bukan video, melainkan bentuk gabungan dari jpg dan mov. iPhone 6S dapat merekam 1,5 detik foto yang diambil, foto bergerak akan aktif secara otomatis saat anda menekan tombol yang dalam 3D Touch.

2. Penggunaan 3D Touch dapat mengubah fungsi yang berbeda dalam App

Fitur yang disebut 3D Touch Display ini memiliki kemampuan sensor untuk merasakan tiga jenis tekanan yang berbeda yaitu ketukan, tekanan normal dan tekanan yang lebih dalam. Teknologi force touch 3D yang disematkan pada iPhone 6S, memungkinkan pengguna mengalihkan fungsi yang berbeda dalam aplikasi, seperti misalnya jika Anda ingin menyisipkan teks dalam Instagram, anda bisa langsung menekan lambang Aplikasi, dengan demikian Anda bisa langsung melompat ke new post Instagram.

3. Penggunaan 3D Touch bisa dialihkan antar App yang berbeda

Dengan tekanan yang dalam pada layar, iPhone 6S dapat mengalihkan fungsinya antar App yang berbeda. Pada setiap lambang App, anda bisa mengalihkan App yang tidak sama dengan menyentuh ujung kiri pada layar tersebut.

4. Penggunaan 3D Touch dapat menjelajahi internet dengan cepat.

Dengan menggunakan 3D Touch, anda bisa dengan cepat menelusuri web, tanggal, informasi penerbangan, dan informasi lainnya tanpa perlu menghentikan pekerjaan anda saat itu. Sebagai contoh: Ketika Anda menerima pesan teks berupa link website dari seorang teman, anda bisa secara langsung menekan linknya dengan 3D Touch, maka layar akan menampilkan halaman link tersebut.

5. Selfie makin praktis, layar menjadi lampu flash.

Saat selfie dengan kamera depan, layar iPhone 6S dapat berubah menjadi lampu flash dengan tingkat pencahayaan 3 kali lipat daripada pencahayaan normal, sehingga objek yang diambil di tempat gelap akan tampak jelas.

6. Keyboard menjadi Mouse.

Saat menekan keyboard pada layar iPhone 6S, keyboard itu pun menjadi touchpad, yang memiliki kenyamanan operasional layaknya mouse.

7. Mengajukan pertanyaan pada Siri tanpa perlu menyentuh layar.

Setelah mengaktifkan fungsi “Hei Siri”, pengguna bisa langsung bertanya, tanpa perlu menyentuh layar.

8. Dukungan film beresolusi 4K

iPhone 6S disemat dengan kemampuan merekam video pendek dengan resolusi 4K.

9. Pengaktifan instan

iPhone 6S dilengkapi dengan pemindai sidik jari Touch ID, kecepatan mengidentifikasi dan keakuratannya lebih mumpuni dari ponsel generasi sebelumnya. (joni/rmat)

Share

Video Popular