Keterangan gambar: Foto fantastis terbaru The Veil Nebula atau cadar Nebula, pemandangan yang sangat menakjubkan, sekilas tampak seperti kawat lampu neon.(NASA)

Oleh: Xiao Yuqing—The Epochtimes

NASA merilis dua foto angkasa terbaru. Salah satunya foto fantastis terbaru The Veil Nebula atau cadar Nebula, dengan pemandangan yang sangat menakjubkan, sekilas tampak seperti kawat lampu neon. Sementara gambar kedua adalah foto terbaru dari galaksi spiral NGC 3521.

The Veil Nebula atau Cadar Nebula adalah segumpalan awan yang terbentuk dari gas dan debu dari suhu yang terionisasi di gugusan bintang Cygnus, adalah sisa-sisa dari ledakan sebuah supernova raksasa pada 8.000 tahun silam. Materi dari sisa ledakan tersebut merentang ke area sejauh sekitar 110 tahun cahaya. Jaraknya kurang lebih 2100 tahun cahaya jauhnya dari bumi. Pada 1785 lampau, astronom William Herschel berhasil mengamati cadar Nebula.

NASA mengatakan teleskop luar angkasa Hubble menangkap foto ini. Bintang yang meledak dan membentuk cadar Nebula itu adalah 20 kali-nya matahari. Dalam keadaan normal, cadar Nebula secara relatif tampak gelap, tapi foto yang ditangkap teleskop Hubble ini jauh lebih cerah.

Sebagian dari The Veil Nebula menunjukkan struktur dari berbagai filamen dan kawat. Penjelasan standar adalah gelombang eksitasi itu sangat tipis, radiusnya kurang dari 1/50,000, Karena itu hanya bisa melihat lapisan (kulit) paling ujung, sehingga lapisan luar itu sekilas tampak seperti filamen. Sementara itu, permukaan lapisan luar yang bergelombang menimbulkan berbagai gambar seperti filamen, sekilas tampak seperti saling menjalin satu sama lain.

Keterangan gambar: Struktur lengkap dari galaksi spiral NGC 3521 terbaru yang ditangkap Hubble.(NASA)

NASA mengatakan bahwa bagian merah terang dari nebula itu berasal dari cahaya yang dipancarkan oleh hidrogen, sedangkan warna hijau dan biru masing-masing berasal dari sulfur dan oksigen.

Karena luasnya area cakupan nebula veil, sehingga sulit bagi astronom untuk mengamatinya. Foto close-up yang diambil Teleskop luar angkasa Hubble adalah gabungan foto dari enam gambar yang ditangkap Hubble, namun, itu juga hanya menunjukkan jarak sekitar dua tahun cahaya.

Struktur lengkap dari galaksi NGC 3521 berhasil diabadikan Hubble. Panjang galaksi spiral NGC 3521 sekitar 50.000 tahun cahaya, memiliki inti yang padat dan cerah, serta struktur spiral yang padat. Galaksi spiral NGC 3521 terletak di rasi bintang Leo, dengan jarak sekitar 40 juta tahun cahaya dari Bumi. Sama seperti galaksi filamen lainnya, galaksi yang megah ini stukturnya tampak kurang jelas, saat strukturnya yang berbentuk busur itu tiba di lengan spiral, dapat merentang ke galaksi Messier 101. Dan di antara 30% galaksi filamen yang diketahui, ada sekitar 10% sekilas tampak seperti galaksi spiral NGC 3521. (joni/rmat)

Share

Video Popular