Suasana yang menegangkan ketika salah seorang penumpang pesawat Ryanair, Irlandia, tanpa sengaja mengambil gambar UFO yang nyaris menabrak pesawat yang ditumpanginya itu, memicu debat panas di internet.

Melansir laman “Metropol-news” Inggris (7/9/2015) lalu, Lions Ground, netter yang merilis video tersebut mengatakan, pemandangan menegangkan di atas pesawat itu adalah hasil bidikan seorang penumpang maskapai Ryanair asal Belanda, yang sedang dalam penerbangan menuju Spanyol.

Lions Ground menuturkan, “Secara kebetulan, untuk menikmati pemandangan di luar pesawat, penumpang itu  membidikkan kameranya ke sekeliling, empat menit kemudian, peristiwa terkait UFO itu pun terekam olehnya.”

Lions Ground menggambarkan isi rekaman video, “Mesin pesawat terdengar sangat keras, pilot tiba-tiba mengubah manuver pesawat. UFO membahayakan keselamatan (penumpang) pesawat. Penumpang panik dan ketakutan.

Sementara itu, laman America Online menyebutkan, bahwa berdasarkan rekaman penumpang, sebuah benda terbang hitam mendekati sayap pesawat, dan hampir menabrak pesawat. Untuk menghindari tabrakan maut, sang pilot kemudian melakukan belokan tajam.

UFO melintas dari bawah sayap, melesat terbang ke depan.

Dalam beberapa hari video tersebut telah dijelajahi sebanyak 150,000 kali di internet setelah untuk pertama kalinya diungkapkan di “Daily Mirror”, dan diunggah ke YouTube. Video yang diunggah Lions Ground itu berjudul : “Penumpang Ryanair berhasil merekam UFO yang bermaksud buruk”

Burung? Drone? atau UFO?

Terkait objek itu apakah seekor burung, drone atau UFO, orang-orang membuat berbagai spekulasi dan analisis. Seorang pengguna internet yang pernah menyaksikan peristiwa UFO di Turki seperti dilansir American Online mengatakan, “Tampak samar-samar, tidak begitu jelas, mungkin burung.” Sedangkan netter lainnya mengatakan, “Gaya terbang burung bukan seperti itu.”

Sementara itu, ada juga yang mengatakan, “Itu bukan UFO yang bermaksud buruk, jika memang ia bermaksud jahat, mungkin pesawat itu sudah ditahannya. UFO itu hanya bermain-main sejenak, sang pilot memang telah melakukan tindakan menghindar, tapi ia (UFO) terlalu cepat, dan UFO-lah yang menghindari pesawat!”

Jalur penerbangan UFO (titik kuning) .(Video screenshot).

Namun, ada juga yang beranggapan, tidak tertutup kemungkinan itu adalah drone atau pesawat tanpa awak, dan menuturkan, “Atau mungkin sebuah pesawat militer tanpa awak. Tidak ada yang bisa membuatnya melambat, tapi itu adalah bidikan (pengambilan gambar) yang sangat bagus.”

Ada yang bersikeras bahwa itu adalah pesawat alien, dan menulis di blognya, “Aliens ada di sini, mereka seperti tanaman sejenis serangga (insectoid), yang bisa melakukan perjalanan ruang angkasa dengan kecepatan fantastis. Mereka bisa marah, melahap makanan melalui exoskeleton membrane, dan membangun sebuah sistem pertahanan, karena itu sangat sulit bagi manusia untuk menyentuh mereka.”

Kecil kemungkinan objek itu adalah burung dan drone

Lee Cox, seorang pembaca menulis di blognya, “Menurut saya pribadi, itu adalah seekor burung, tapi saya juga tidak mengesampingkan itu adalah drone, dan menurut saya itu bukan alien.”

Sementara seorang pembaca asal Inggris, Tonywmaye mengatakan dalam pesannya : “Burung terbang dengan kecepatan 885,5 kilometer (550 mil).  Dasar idiot.”

EvlisLives, pembaca lainnya mengatakan, “Saking cepatnya, seakan-akan ia terbang ke arah yang berlawanan …. burung besar atau drone…. pesawat tidak akan terbang begitu tinggi.”

Sementara itu, ada yang mengatakan video itu direkam pada Januari 2015 lalu. Meskipun objek dalam video itu tampak kabur tidak jelas, tidak bisa memastikan ukurannya, namun pembaca Yan Beadle mengatakan, “Saya harus mengatakan, bisa jadi itu adalah pesawat jet militer yang cepat, melesat terbang melintasi dengan kecepatan 500 + KTS.”

Sedangkan Luwdmke, pembaca lainnya justru meragukan keaslian video tersebut, ia berkomentar, “Sebuah sumber terpercaya mengatakan kepada saya bahwa itu 100% video yang diproses dengan PS.”

Dalam peraturan pesawat terbang tanpa awak atau drone ditetapkan, bahwa ketinggian terbang drone tidak boleh lebih dari 122 meter (400 kaki), ruang lingkup penerbangan tidak boleh lebih dari 500 meter dari operator (pengendali) pesawat, dan tidak boleh terbang di bawah jarak 150 meter dari keramaian atau di bawah 50 meter dari kendaraan atau dari pesawat lainnya. (jon/ran)

https://youtu.be/pwUd6gVSKUk

Share

Video Popular