JAKARTA – Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Franky Sibarani menyambut baik adanya European Union (EU) Desk di BKPM. Hal ini sejalan dengan komitmen BKPM untuk terus meningkatkan iklim investasi di Indonesia melalui penyederhanaan perizinan dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP).

“BKPM menyambut baik adanya EU Desk ini untuk mempermudah realisasi investasi para investor dari negara-negara Eropa,” ujar Franky dalam keterangan resminya, Rabu (30/09/2015).

Dia mengatakan langkah ini merupakan salah satu tindak lanjut BKPM setelah pertemuan dengan investor dalam kunjungan ke beberapa negara Eropa beberapa waktu lalu. Adapun pada saat ini BKPM bekerja sama dengan tim EU Desk memfasilitasi salah satu perusahaan Inggris yang menyampaikan minatnya di bidang energi terbarukan senilai USD250 juta.

Langkah ini, lanjutnya, menjadi tindak lanjut BKPM dalam menanggapi minat investasi di bidang konstruksi, maritim dan pembangkit listrik yang disampaikan investor pada kunjungan ke beberapa negara Eropa beberapa waktu lalu. Melalui EU Desk, beberapa perusahaan asal Eropa juga telah memutuskan untuk merealisasikan investasinya di Indonesia.

Sementara Duta Besar Uni Eropa untuk Indonesia dan Brunei Darusalam Vincent Guérend mengatakan perusahaan-perusahaan Eropa memiliki jejak rekam yang membanggakan dalam melaksanakan proyek-proyek investasi yang berkualitas di Indonesia. “Saya berharap EU Desk terus mendukung dan membantu mengamankan jumlah investasi bernilai tinggi yang semakin bertambah, yang mengarah ke skenario win-win bagi bisnis dan industri Indonesia dan Eropa,” ujarnya.

Eropa merupakan penyumbang FDI ke Indonesia ketiga terbesar secara Global. FDI dari Eropa meningkat 35%/tahun dalam lima tahun terakhir, dari USD1,3 milyar di tahun 2010 meningkat menjadi USD3,9 milyar di tahun 2014 di luar investasi sektor migas dan keuangan. Selain itu, menurut catatan BKPM, pada semester satu 2015 terdapat minat investasi dari Eropa senilai USD1,2 miliar.

BKPM meresmikan EU Desk yang ditempatkan di kantor BKPM Rabu lalu. EU Desk merupakan perwakilan European Union yang ditempatkan di kantor BKPM untuk memfasilitasi para investor dari negara Eropa untuk memberikan informasi terkait sektor potensial investasi dan realisasi investasi di Indonesia.

Share

Video Popular