Dikatakan, cuka telah ditemukan sekitar 5.000 SM, diawali dengan jus anggur yang tanpa sengaja berubah menjadi minuman wine (anggur) dan kemudian menjadi cuka. Awalnya cuka digunakan sebagai pengawet makanan, kemudian penggunaan cuka sebagai obat segera terungkap.

Iritasi kulit

Cuka sari apel dapat digunakan untuk berbagai penyakit kulit, dari gigitan serangga hingga terkena poisonivy ataupun terhadap sengatan sinar Matahari. Anda dapat menerapkannya langsung ke daerah yang teriritasi atau berendam dalam bak mandi yang telah dicampuri dengan sekitar satu cangkir cuka.

Kutil

Kegunaan lain dari cuka sari apel dapat membantu menghilangkan kutil, hal ini dimungkinan karena tingginya kandungan asam asetat dalam cuka. Anda dapat menuangkan cuka ke bola kapas dan menerapkannya pada kutil, balut hingga semalaman.

Meningkatkan energi

Cuka sari apel mengandung kalium dan enzim yang dapat membantu menghalau kelelahan. Plus, asam amino yang dapat membantu mencegah penumpukan asam laktat dalam tubuh, lebih jauhnya bisa mencegah kelelahan.

Pembersih alami

Cuka adalah salah satu agen pembersih alami yang terbaik, hal ini dikarenakan oleh sebagian besar sifat anti mikrobanya. Ketika ditambahkan ke dalam makanan, asam organik dalam cuka (terutama asam asetat) masuk ke dalam membran sel untuk membunuh bakteri. Makanan yang difermentasi dengan cuka memiliki gudang senjata alami asam organik antimikroba, termasuk asetat, laktat, askorbat, asam sitrat, malat, propionat, suksinat, dan asam tartarat.

Suatu studi menemukan bahwa asam asetat dapat bersifat mematikan bahkan terhadap bakteri E. coli O157: H7, sementara penelitian lain telah menunjukkan zat-zat seperti asam asetat, jus lemon, atau kombinasi jus lemon dan cuka cukup efektif melawan bakteri salmonella.

Pembunuh gulma

Cuka juga sangat efektif untuk mengendalikan gulma di kebun Anda. Howard Garrett, yang dikenal sebagai The Dirt Doctor, berbagi resep herbisidanya yang berbasis cuka (semprotan ini akan melukai tanaman jika terkena, jadi gunakan saja hanya pada bagian-bagian yang ingin Anda singkirkan):

Formula Herbisida

• 10 persen dari 1 galon cuka
• Tambahkan 1 ons minyak jeruk atau d-limonene
• Tambahkan 1 sendok makan molasses (pilihan – beberapa mengatakan itu tidak membantu)
• sabun cair 1 sendok teh atau surfaktan lain (seperti Bio Wash)
• Jangan tambahkan air

Menetralisir bau

Cuka sari apel dalam mangkuk akan membantu untuk menetralkan bau tak sedap di rumah Anda.

Pencuci sayuran dan buah

Cuka adalah salah satu cairan alami terbaik untuk menghilangkan pestisida dan bakteri tertentu dari produk segar Anda. Coba larutkan 10 persen cuka ke dalam 90 persen air untuk merendam sayur dan buah sebentar. Masukkan sayuran atau buah ke dalam larutan, aduk-aduk sebentar, dan bilas sampai bersih (jangan gunakan proses ini pada buah-buahan yang lembek seperti aneka beri, karena bisa rusak dalam proses atau menyerap terlalu banyak cuka melalui pori kulit mereka). (Ajg/Yant)

Bersambung

Share
Tag: Kategori: KESEHATAN

Video Popular