Dikatakan, cuka telah ditemukan sekitar 5.000 SM, diawali dengan jus anggur yang tanpa sengaja berubah menjadi minuman wine (anggur) dan kemudian menjadi cuka. Awalnya cuka digunakan sebagai pengawet makanan, kemudian penggunaan cuka sebagai obat segera terungkap.

Pembilas rambut

Cuka sari apel membantu menghilangkan ketombe dan menyeimbangkan tingkat pH kulit kepala Anda. Coba bilas sepertiga cangkir cuka yang dicampur dengan empat gelas air setiap minggu. Untuk ketombe, cobalah semprot kulit kepala Anda dengan cuka yang dicampur air dengan perbandingan sama, kemudian bungkus kepala dengan handuk, dan biarkan selama satu jam. Kemudian, cuci bersih dan ulangi sampai dua kali seminggu.

Toner wajah

Bubuhkan cuka sari apel yang telah diencerkan pada bola kapas, gunakan sebagai toner sederhana dan pembersih untuk membantu mencegah timbulnyajerawat. Bahkan bisa membantu memar memudar lebih cepat.

Deodoran

Cuka sari apel bisa membantu membunuh bakteri penyebab bau badan, oleskan sedikit di bawah lengan sebagai deodoran alami.

Kesehatan mulut

Berkumur dengan cuka sari apel yang diencerkan, dapat membantu menghilangkan bau mulut tak sedap dan memutihkan gigi. Perlu diingat, bagaimanapun juga cuka sari apel sangat asam. Bahan utama adalah asam asetat, yang cukup keras, sehingga Anda harus selalu mengencerkannya dengan air sebelum menelannya. Cuka sari apel murni bisa merusak enamel gigi atau jaringan mulut dan tenggorokan.

Bau kaki

Menyeka kaki dengan cuka sari apel dapat membantu untuk menghilangkan bakteri penyebab bau tak sedap kaki.

Cara menggunakan cuka sari apel untuk masakan

Ada banyak cara kreatif untuk menggunakan cuka sari apel dalam masakan. Mencoba membubuhkannya ke dalam bumbu buatan sendiri dan saus, sup, atau bahkan smoothie. Anda juga bisa menambahkannya ke masakan barbeque atau panggangan (akan meningkatkan cita rasanya) dan salad dressing (coba campurkan dengan minyak zaitun, bawang putih, dan mustard, misalnya). Cuka juga baik untuk kuliner ikan dan berfungsi sebagai bumbu pengempuk yang bagus untuk daging, memberikan sedikit semangat ke dalam cita rasanya. Anda juga dapat membuat acar sayuran.

Cuka juga merupakan tambahan penting untuk kaldu tulang buatan sendiri. Jika dibubuhkan pada kaldu, cuka dapat membantu melarutkan semua mineral berharga dari tulang ke dalam air kaldu. Tujuannya adalah untuk mengekstrak sebanyak mungkin kandungan mineral dalam tulang ke dalam air kaldu. Cuka sari apel mentah Bragg adalah pilihan yang baik, karena itu tanpa filter dan tidak dipasteurisasi. Jika Anda mengonsumsi cuka untuk alasan terapeutik tetapi tidak menikmati rasanya, alternatifnya dapat mencoba mengonsumsi makanan fermentasi lain untuk mendapatkan kandungan asam yang menyehatkan. Hal ini juga membantu untuk merekolonisasi usus dengan bakteri yang menguntungkan. Bagaimanapun cuka lebih mudah dan pasti aman untuk digunakan, sehingga Anda pasti bisa memasukkannya ke dalam menu jika menikmatinya.

Pilih cuka dengan bijak: hindari cuka sulingan

Cuka putih hasil sulingan sangat baik untuk membersihkan dan laundry, akan tetapi untuk tujuan kesehatan sebaiknya hindari segala varietas yang “bersih berkilau” yang biasa dipajang dalam rak-rak toko. Sebaliknya, jika Anda menginginkan yang organik, tanpa filter, cuka tanpa pemrosesan, yang tampak keruh tak menarik, namun itu adalah indikasi dari produk yang berkualitas tinggi. Pada akhirnya, jika Anda mempertimbangkan untuk mengonsumsi cuka sari apel sebagai pengobatan, penggunaan yang berlebihan dalam jangka panjang bisa menyebabkan kadar kalium rendah dan dapat memengaruhi kepadatan tulang Anda, jadi pemakaian secara bijak sangatlah penting.

Selain itu, cuka sari apel secara teoritis bisa berinteraksi dengan diuretik, pencahar, dan obat-obatan untuk diabetes dan penyakit jantung. Jika Anda berada dalam perawatan dokter dan ingin mencoba cuka sari apel, sangat disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter Anda terlebih dahulu, agar memastikan tidak akan mengganggu salah satu obat yang sedang Anda konsumsi. (Ajg)

Tamat

Share
Tag: Kategori: KESEHATAN

Video Popular