Keterangan foto: Sekembalinya Xi Jinping dari kunjungan di AS pada 29 September, media resmi PKT china.net baru melaporkan kunjungan mantan PM Wen Jiabao pada 22-24 September di provinsi Hebei secara mencolok, didampingi oleh Sekretaris PKT provinsi Hebei yang baru Zhao Kezhi, orang kepercayaan mantan presiden Hu Jintao yang sekarang dipercaya oleh Xi, dengan jelas menunjukkan persekutuan politik antara Xi, Hu Jintao dan Wen Jiabao. (internet)

Oleh: Tang Wen

Pada 29 September 2015, sekembalinya Presiden RRT Xi Jinping dari kunjungan kenegaraannya di Amerika Serikat, pada hari itu pula, media resmi RRT menyikapi pembicaraan Wang Qishan, Ketua Komite Disiplin PKT tentang gerakan anti korupsi, terutama adalah apa yang telah diisyaratkan olehnya, bahwa: ”Tangkap bandit tangkaplah raja bandit terlebih dahulu”.

Sebelumnya menjelang keberangkatan Xi Ke AS, media Epoch Times juga telah mengeluarkan editorial khusus berjudul “Tangkap Jiang Zemin, Menangkap bandit tangkaplah raja bandit terlebih dahulu” beserta laporan analisis 9 serial, dimulai dari perilaku Jiang Zemin yang korup, perzinahannya, pengkhianatan negara, hingga mengakibatkan kemerosotan moral masyarakat Tiongkok. Fenomena kacau muncul dimana-mana, peringatan bencana alam, dan berbagai analisa dari sudut pandang berlainan, yang menunjukkan penangkapan terhadap Jiang Zemin telah menjadi suatu keharusan, hanya dengan ditangkapnya Jiang, stabilisasi masyarakat Tiongkok baru dapat tercapai.

Selama kunjungan Xi ke AS, praktisi Falun Gong berdiri di sepanjang jalan menyampaikan petisi secara damai dan mereka menyerukan “Seret Jiang Zemin ke depan pengadilan”.

Analisa dari berbagai komentator menunjukkan, dengan berakhirnya kunjungan Xi ke AS, tahap berikutnya adalah tentang tindakan pengepungan terhadap Jiang akan beralih dari penciptaan opini umum ke tahap tindakan secara nyata, aksi penangkapan bisa terjadi sewaktu-waktu.

Surat Kabar Resmi Komite Disiplin: Menangkap Bandit Tangkaplah Raja Bandit Terlebih Dahulu

Pada 24 -26 September, Anggota Tetap Politbiro PKT merangkap Sekretaris Komite Disiplin Partai Komunis Tiongkok (PKT) Wang Qishan melakukan investigasi dan riset di propinsi Fujian, menyampaikan “4 Macam Bentuk” dari pelaksanaan pengontrolan disiplin PKT. Pada 29 September website Rakyat sebagai media resmi PKT, pada hari itu juga memuat ulang sebuah artikel dari koran resmi Komite Disiplin PKT dan memberi penjelasan tentang “4 Macam Bentuk” yang diucapkan oleh Wang Qisan.

Komentator politik Zhou Xiaohui menganalisa, inti dari artikel tersebut adalah menyampaikan suatu pemikiran: “Menangkap bandit tangkaplah raja bandit terlebih dahulu”. Dan dilatarbelakangi isyarat yang dilontarkan beberapa waktu belakangan ini oleh penguasa Xi Jinping dalam “proses penyingkiran Jiang” dan pusat sasaran adalah Jiang, serta info yang terungkap tentang pengecaman terhadap Jiang dalam pertemuan tingkat tinggi PKT di tempat peristirahatan Beidaihe, ditambah lagi “Penuntutan terhadap Jiang”yang disampaikan kepada Kejaksaan tertinggi dan Pengadilan tertinggi RRT telah lebih dari 180 ribu orang. Semua ini memberikan pembuktian, bahwa Jiang yang telah berbuat banyak kejahatan dan sebagai backing terbesar dari mantan wakil ketua Komisi Militer PKT jendral Guo Poxiong dan Xu Chaihou, mantan sekretaris Komite Politik dan Hukum Zhou Yongkang dan lain-lain, telah berada dalam posisi yang sangat berbahaya. Menciduk Jiang telah menjadi pengertian bersama antara penguasa dan masyarakat.

Praktisi Falun Gong menyerukan “Adili Jiang Berdasarkan Hukum”

Menurut data statistik tidak lengkap dari minghui.net, sejak akhir Mei hingga 22 September 2015, terdapat 182.000 praktisi Falun Gong dan keluarganya yang berada di dalam maupun luar Tiongkok, telah melakukan tuntutan terhadap Jiang Zemin yang disampaikan kepada Kejaksaan Tertinggi dan Pengadilan Tertinggi RRT, mendesak diajukan surat dakwaan atas kejahatan menindas Falun Gong yang dilakukan oleh Jiang Zemin.

Zhou Xiaohui menganalisa, dalam kunjungan ke AS, Xi Jinping telah mendengar isi hati praktisi Falun Gong yang menuntut “Adili Jiang Zemin secara hukum” dan juga telah merasakan perhatian masyarakat internasional terhadap Hak Asasi Manusia. Semua ini tidak dapat dikatakan tidak ada hubungannya dengan isyarat yang dilontarkan oleh Wang Qisan, karena pada akhirnya tetap saja adalah Xi sendiri yang mengetuk palu.

Xi Pulang Dari AS, Wen Jiabao Tampil Dalam Laporan Media Resmi

Pada 29 September 2015 Xi kembali dari AS, media resmi PKT china.net melaporkan kunjungan mantan Perdana Menteri Wen Jiabao pada 22-24 September, berturut-turut 3 hari di 3 SMP di propinsi Hebei, didampingi oleh Sekretaris PKT provinsi Hebei yang baru Zhao Kezhi, kunjungan tersebut dilakukan 3 hari sebelum Xi berkunjung ke AS.

Komentator politik Xie Tianqi menganalisa, Zhao Kezhi sebagai orang dekat Mantan Sekjen PKT Hu Jintao yang sekarang dipercaya oleh Xi, tampil mendampingi Wen, dengan jelas menunjukkan persekutuan politik antara Xi, Hu Jintao dan Wen Jiabao. Dan laporan media resmi yang mecolok tersebut diterbitkan persis pada saat Xi pulang dari kunjungan ke AS. Makna politiknya sudah bukan lagi untuk mengekang kubu Jiang, melainkan adalah sebuah isyarat tindakan politik yang akan dilaksanakan setelah Xi pulang dari AS.

Xie Tianqi berpendapat, kubu Xi Jinping melakukan pengepungan terhadap Jiang diprediksi akan dimulai dari kampanye media untuk kemudian memasuki tahap tindakan nyata. Tindakan penangkapan terhadap tokoh di belakang layar, Zeng Qinghong dan Jiang Zemin sewaktu-waktu dapat terjadi. (whs/rmat)

 

Share

Video Popular