Walaupun kebanyakan dari kita fokus pada tugas yang harus kita capai setiap hari, kita jarang memperhatikan bahasa tubuh, ketika berada dikantor. Tidak peduli seberapa baik Anda melakukan pekerjaan, bahasa tubuh juga mendukung untuk kesuksesan karier.

Sama seperti kemahiran berbicara, bahasa tubuh juga syarat penting untuk berperilaku lebih profesional, menjadi panutan dan pemimpin yang baik serta memotivasi orang lain untuk menjadi lebih profesional di tempat kerja.

Kesalahan kecil dari bahasa tubuh yang terjadi dikantor dapat merusak hubungan bisnis Anda dan menghalangi pencapaian tujuan karier Anda dan bisa-bisa kehilangan kesempatan untuk mendapatkan promosi jabatan.

Berikut beberapa pedoman bahasa tubuh ketika berada di kantor.

1. Ekspresi wajah

Bila Anda memiliki masalah di rumah atau di tempat kerja, roman muka Anda jelas terlihat tidak menyenangkan. Semua orang memperhatikan wajah pesimis atau marah dan mereka akan menjauh dari Anda atau akan mencoba untuk menghibur Anda. Tidak peduli apa yang terjadi dalam hidup Anda, atasan dan rekan kerja Anda tidak harus tahu tentang masalah Anda. Kontrol ekspresi wajah Anda agar terlihat lebih profesional.

2. Kontak mata

Kontak mata sangat penting dalam semua aspek kehidupan. Ini memberi kenyamanan hati seseorang atau membuat kesan pertama yang hebat di manapun Anda berada. Kontak mata yang baik juga dapat membantu Anda meningkatkan karier Anda. Ada beberapa alasan mengapa orang menghindari kontak mata ketika berbicara – mereka bisa saja berbohong atau malu. Itu sebabnya jika Anda ingin orang lain melihat Anda sebagai orang yang dapat dipercaya dan jujur, jaga kontak mata setiap kali Anda berbicara dengan seseorang di kantor.

Jika Anda adalah seorang yang pemalu, ketika sedang berbicara bertatapan mata dengan lawan bicara Anda, cobalah untuk fokus pada bola mata mereka, dan bukannya menatap yang mungkin akan menimbulkan anggapan yang keliru,dari lawan bicara Anda.

3. Intonasi suara saat berbicara

Intonasi suara Anda sama pentingnya dengan kontak mata Anda. Dengan mengendalikan dan mengurangi intonasi suara akan terdengar lebik enak. Intonasi suara terlalu lembek (pelan) juga tidak terlalu baik di tempat kerja.Mereka tidak akan mendengar dan memahami maksud Anda sehingga Anda akan kehilangan kesempatan untuk menjadi pemimpin. Mengontrol suara Anda ketika berbicara dengan suara yang lebih otoritatif dan kuat.

4. Berjalan dengan penuh percaya diri

Terlepas dari posisi pekerjaan Anda. Mungkin Anda bukan manajer atau bos, itu tidak berarti Anda tidak penting di kantor. Jangan merasa malu dengan pekerjaan Anda. Berjalan penuh percaya diri bahkan ketika seseorang tidak melihat Anda.

5. Jangan membungkuk

Membungkuk tidak hanya merusak kesehatan, hal itu juga dapat mempengaruhi jalur karier Anda . Menghentikan kebiasaan masa kecil ini dengan berlatih postur yang baik di rumah dan di kantor. Postur yang baik memancarkan kepercayaan diri, profesionalisme, kredibilitas dan keterbukaan. Ini adalah apa yang Anda butuhkan di tempat kerja untuk mendapatkan rasa hormat dan jenjang karier.

6. Kendalikan gerakan tubuh

Tentu, itu tidak berarti Anda harus berdiri diam dan tidak menunjukkan emosi ketika berbicara atau memberikan pidato. Namun, terus berkali-kali melambaikan tangan atau menggelengkan kepala adalah salah besar. Gerakan tubuh dapat meningkatkan pidato Anda atau malah merusaknya. Ketika gerakan Anda mengikuti kata-kata Anda, Anda meningkatkan persuasif Anda dan membuat pidato Anda benar-benar sukses. Pembicara persuasif tahu bagaimana menggunakan gerak tubuh mereka.

7. Berikan jabat tangan yang erat

Sebuah jabat tangan yang erat adalah tanda kepercayaan, profesionalisme dan rasa hormat, juga jika Anda memberikan dengan kontak mata yang baik. Jabat tangan yang sempurna berlangsung sekitar 3 detik, jadi pastikan Anda tidak berlebihan.(Anai)

Share

Video Popular