Menurut laporan yang dirilis organisasi perkumpulan ahli medis internasional pada 2 Oktober 2015 lalu, bahwa penyebab kematian jutaan umat manusia di seluruh dunia setiap tahun berhubungan dengan kimia beracun yang terkontak dengan makanan, air maupun udara, dan menyebabkan biaya pengeluaran hingga miliaran dolar AS setiap tahun, selain itu, zat kimia beracun itu berdampak lebih serius pada kesehatan reproduksi manusia.

Laporan The International Federation of Gynecology and Obstetrics (FIGO) seperti dilansir laman Reuters menyebutkan, bahwa pestisida, polusi udara, plastik dan bahan kimia terkait lainnya yang merusak kesehatan itu meliputi : keguguran dan janin lahir mati, peningkatan kanker, attention deficit hyperactivity disorder (gangguan perkembangan dalam peningkatan aktivitas motorik seseorang hingga menyebabkan aktivitasnya yang tidak lazim dan cenderung berlebihan).

Laporan terkait menyebutkan : “sehubungan dengan kontak zat kimia dalam lingkungan beracun semasa kehamilan dan menyususi itu sangatlah umum, dan hal itu mengancam kesehatan reproduksi manusia”.

Laporan tersebut disusun bersama ilmuwan dan dokter dari Amerika Serikat, Inggris dan Kanada, dengan penulis yang terdiri dari para staf Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Sebelum konferensi topik kesehatan perempuan sedunia yang akan di selenggarakan pekan depan di Vancouver, Kanada, laporan terkait dirilis di “International Journal of Gynecology dan Obstetrics”.

Dokter Gian Carlo Di Renzo, penulis utama laporan tersebut mengatakan, “Lingkungan kita dipenuhi dengan zat kimia yang tidak aman dan belum diuji, sementara harga kesehatan reproduksi kita, harus diprioritaskan menjadi perhatian serius.”

Laporan tersebut juga menggambarkan dampak buruk dari masalah terkait : sekitar 7 juta orang di seluruh dunia meninggal setiap tahun karena polusi udara baik di dalam maupun di luar ruangan ; pengeluran biaya pengobatan dan biaya lainnya yang di gelontorkan Eropa karena kontak dengan endocrine disruptor, diperkirakan sedikitnya menelan biaya 157 miliar Euro setahun.

Sementara di Amerika, dana yang dikeluarkan karena penyakit anak-anak yang berhubungan dengan polutan dan racun lingkungan di dalam area komunitas keluarga dan tanah, air, makanan maupun udara itu diperkirakan mencapai 76,6 miliar dolar AS pada tahun 2008. (jon/ran)

Share

Video Popular