JAKARTA – Hubungan antar Indonesia dengan Taiwan diharapkan terus ditingkatkan walaupun Indonesia tidak memiliki hubungan diplomatik. Apalagi selama ini hubungan antar dua pemerintahan sudah berlangsung baik termasuk saat dipegang oleh Jokowi-Jusuf Kalla. Hal demikian disampaikan dalam peringatan HUT Taiwan ke-104 di Hotel Borobudur, Kamis (8/10/2015) malam.

Kepala Kantor Dagang dan Ekonomi Taiwan (TETO) Indonesia, Chang Liang-Jen mengapresiasi hubungan yang baik dengan Taiwan. Termasuk keberadaan Indonesia yang dinilai jarang menyampaikan keluhan kepada pemerintah Taiwan. Peningkatan hubungan antar kedua pemerintah diharapkan terus meningkat khususnya bidang ekonomi.

“Walaupun tidak ada hubungan diplomatik, hubungan bisnis semakin meningkat, tidak ada keluhan,” ujarnya.

Menurut Chang, jumlah pekerja asal Indonesia di Taiwan hingga kini terus mengalami peningkatan. Tak hanya itu, Taiwan juga siap membangun kerjasama pendidikan dengan Indonesia. Termasuk selama ini sebanyak 500 orang siswa asal Indonesia sedang melanjutkan studi di negara itu.

Chang menegaskan Taiwan yang menjunjung demokrasi dan kebebasan juga terus meningkatkan investasi di Indonesia. Dia menegaskan bentuk investasi Taiwan di Indonesia disebut sudah berhasil menciptakan lapangan kerja lebih dari satu orang. Dia menyatakan turut berbahagia sudah menjadi mitra bagi bangsa Indonesia.

Sebagai rangka memperkuat investasi perkonomian di Indonesia, sekitar Desember mendatang kantor perwakilan TETO akan dibuka di Surabaya, Jawa Timur. Chang juga memberikan apresiasi kepada pemerintah Indonesia yang menjadikan Taiwan sebagai negara bebasa visa dalam paket kebijakan pemerintah Indonesia.

Pada tempat yang sama, mantan Menteri Koordinator bidang Politik, Sosial dan Keamanan (Menko Polsoskam) Mayjen (Purn) TNI Agum Gumelar juga mengapresiasi hubungan baik antara Indonesia dengan Taiwan. Meskipun tidak memiliki hubungan diplomatik, lanjut dia, perekonomian dan bisnis antar kedua pemerintahan diharapkan terus ditingkatkan.

Resepsi perayaan Hari Kemerdekaan Taiwan ke 104 turut dihadiri sejumlah pejabat negara. Selain Agum Gumelar, terlihat hadir Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid, Wakil Ketua Komisi I DPR RI, Tantowi Yahya dan Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) Nusron Wahid.

Share

Video Popular