Penelitian menunjukkan bahwa kelamaan duduk dapat memiliki efek yang negatif pada postur tubuh, mempercepat penuaan dan disfungsi pada tubuh.

Secara khusus, duduk dapat memperpanjang dan melemahkan otot-otot gluteal bersamaan dengan pengetatan fleksor pinggul. Hal ini juga memperpanjang dan melemahkan punggung atas juga mengetatkan otot-otot dada.

Duduk di belakang meja dan melihat ke bawah pada layar monitor juga dapat menegangkan otot-otot di bagian belakang leher, memendek dan mengencangkan otot-otot bagian depan, sehingga menarik kepala maju melampaui posisi alaminya.

Duduk untuk jangka yang lama juga menekan ruang antara ruas tulang belakang.

Keenam latihan berikut akan membantu membalikkan efek negatif tersebut.


Pose kucing dan sapi

Gerakan ini membantu meregangkan tulang belakang yang dipadatkan.

• Letakkan posisi tangan lurus di bawah bahu dan lutut di bawah pinggul, menekan lantai. (foto-1)

• Kencangkan tulang punggung Anda langsung dari tulang ekor hingga belakang kepala.

• Mulailah dengan pose kucing. Hirup udara dengan perlahan dan ketika menghembuskan napas, tarik pusar ke arah tulang belakang, tulang ekor dikerutkan, lengkungkan punggung, dan gerakkan dagu ke arah dada. (foto-2)

• Kemudian bergerak perlahan menyerupai pose sapi. Perlahan tarik napas saat menggerakkan tulang punggung kembali ke posisi netral, biarkan perut Anda mengembang saat memperpanjang leher dengan perlahan, membalikkan kelengkungan tulang punggung, dan tarik pinggul Anda ke atas.

Bergerak perlahan bolak-balik dari pose kucing hingga pose sapi sebanyak 10 kali.


Menarik pinggul terlentang

Gerakan ini dapat memperkuat otot-otot gluteal.

• Berbaring telentang di lantai dengan lutut ditekuk dan lengan bawah menempel ke lantai dan telapak tangan ke atas. (foto-3)

• Mengencangkan otot-otot gluteal, perlahan-lahan mengangkat pinggul dari lantai. Bergerak perlahan, terus angkat hingga lutut, pinggul, dan bahu berada dalam satu garis lurus. (foto-4)

• Tahan selama beberapa detik kemudian turunkan pinggul ke lantai secara perlahan-lahan

Ulangi 10 kali.


Pose kuda

Latihan ini membalikkan lengkungan tulang belakang dan memperkuat punggung bawah dan inti tubuh.

• Letakkan posisi tangan lurus di bawah bahu dan lutut di bawah pinggul, menekan lantai. (foto-5)

• Luruskan tangan kanan ke depan dan luruskan kaki kiri sejajar dengan lantai. Tahan posisi ini selama 10 detik. (foto-6)

Ulangi 5 kali tiap-tiap sisi. (Paul Frediani/Ajg)

Paul Frediani , Pelatih kebugaran, salah satu pemilik rumah kebugaran Elysium di New York. Untuk kunjungi situs kami di ElysiumFitness.net

Bersambung

Share

Video Popular