Nasihat dari orangtua untuk mengunyah makanan dengan pelan-pelan adalah benar adanya. Selain menghindari risiko tersedak ketika makan. Ilmu pengetahuan juga menemukan ada banyak manfaat kesehatan yang didapatkan oleh tubuh, jika Anda mengunyah makanan dengan baik dan benar.

Berikut empat alasan Anda harusnya mengunyah makanan dengan baik.

Merasa kenyang

Mengunyah makanan secara baik dan lama, dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Dan ketika Anda merasa kenyang dan puas, Anda lebih mungkin untuk makan hanya apa yang Anda butuhkan, bukan apa yang tersedia di meja Anda. Studi menunjukkan bahwa mengambil gigitan kecil dan mengunyah dengan waktu aga lama dapat menurunkan asupan makanan Anda sebanyak sepertiga.

Anda Lebih banyak mendapat nutrisi dan energi

Mengunyah secara baik dan lama, dapat membantu memecah makanan menjadi partikel yang lebih kecil, sehingga mudah dicerna oleh tubuh. Dan juga, dapat mempermudah usus Anda untuk menyerap nutrisi dari makanan yang Anda makan.

Memberi sinyal  kenyang pada tubuh

Mengunyah makanan secara baik dan lama, dapat membantu otak tepat waktu untuk mengirim pesan pada usus, bahwa Anda telah selesai makan. Dengan demikian, Anda akan cenderung mengurangi keinginan untuk menambah makan lagi, karena otak Anda menyadari bahwa perut merasa kenyang.

Memperbaiiki  pencernaan

Dengan mengunyah secara menyeluruh, air liur Anda rusak makanan lebih efisien untuk mengemulsi sebelum masuk ke perut Anda. Ketika makanan sudah hancur, perut Anda memiliki sedikit pekerjaan yang harus dilakukan.(Anai)

Share

Video Popular