Meditasi sejati adalah praktik dalam kehidupan yang tidak dapat didefinisikan dalam langkah-langkah tertentu – tidak ada tempat untuk pergi hanya ada di sini pada saat ini. Akan membantu jika kita melepaskan pikiran, Anda hanya perlu mencari dan menguasai teknik yang tepat untuk mendapatkan kedamaian.

Berikut beberapa prinsip yang dapat membantu Anda untuk mendapatkan meditasi yang alami, penuh kedamaian, dan kondisi pikiran kosong.

1. Sisihkan waktu luang setidaknya 25 menit. Pastikan Anda berada di tempat tenang yang tidak membuat Anda merasa terganggu dan melakukan posisi duduk yang nyaman.

2. Ingatkan diri Anda jika meditasi adalah kondisi alami. Tidak perlu mengontrol pikiran, napas atau rincian hal-hal kecil lainnya.

3. Arahkan kesadaran Anda pada tubuh fisik. Mulailah dengan melihat kemana jalannya kesadaran Anda. Biarkan kesadaran berjalan bebas daripada memaksanya untuk berada di tempat tertentu. Apakah ada sensasi tidak biasa di dalam tubuh Anda? Biarkan kesadaran berada dalam kondisi tenang dengan membiarkan keterbukaan, keingintahuan, serta keinginan untuk memungkinkannya menjadi seperti itu.

Ketika beberapa pikiran muncul, biarkan mereka muncul secara alami, namun bimbing kesadaran agar kembali menguasai tubuh. Perhatikan bagaimana sensasi berubah dan bagaimana kesadaran akan secara alami ditarik ke tempat lain sesuai dorongan dari dalam. Biarkan kesadaran mengikutinya. Langkah ini mungkin hanya berlangsung beberapa saat seiring Anda bekerja melalui berbagai lapisan tubuh. Sekali lagi, percayakan kebijakan tubuh memandu Anda. Kesadaran akan melarutkan pola energi dalam tubuh dan pikiran akan menjadi kurang dominan. Saya rasa langkah ini merupakan komponen kunci untuk menenangkan pikiran.

4. Perhatikan, apa yang sedang memerhatikan. Dengan kata lain, Anda menyadari adanya pikiran dan sensasi dan suara, dan lain-lain, tetapi seiring Anda membiarkan mereka apa adanya, apakah Anda menyadari suatu ‘kehadiran’ yang sedang memerhatikan? Kehadiran ini tidak berada di dalam tubuh Anda, juga tidak dapat didefinisikan dengan cara apa pun. Ini suatu hal yang sangat luas, bebas, tidak berubah dan tidak terpengaruh oleh detail. Semacam langit yang luas tak terbatas yang mengelilingi dan meliputi segala sesuatu.

5. Tinggallah dalam ‘kehadiran’ tersebut. Relaks dengan kesadaran penuh. Bila Anda menemukan diri Anda sedang tertarik masuk dalam pikiran atau sensasi atau emosi, biarkan apa adanya. Tinggalkan mereka dan jangan terbawa mereka dengan cara apa pun. Ini akan melepas kaitan kesadaran dari sebuah objek dan memungkinkan Anda untuk lebih merasakan adanya ‘kehadiran’.

6. Ulangi langkah 4 dan 5 untuk memasuki kondisi meditasi. Tertarik pada suatu objek… biarkan apa adanya … Relaks dengan kesadaran penuh… Tertarik pada suatu objek… biarkan apa adanya … Relaks dengan kesadaran penuh.

7. Seiring waktu, Anda akan lebih cepat menangkap kesadaran diri. Anda akan menikmati perasaan ‘kehadiran yang mendalam’ untuk waktu yang cukup lama.

8. Tanyakan pada diri Anda apakah Anda sedang mencoba untuk mengontrol pengalaman Anda dengan berbagai cara. Apakah Anda menghindari pikiran, sensasi, atau emosi tertentu?

9. 25 menit adalah jumlah waktu minimum yang ideal untuk berlatih. Seringkali perlu 15 atau 20 menit untuk melepas kaitan dari ‘carut marut’ dalam pikiran. Jika Anda mempersingkat latihan secara terus menerus, Anda akan kesulitan mendapatkan kesempatan untuk merasakan keindahan akan kehadiran.

Ingat bahwa meditasi adalah latihan yang harus dikerjakan terus menerus. Selamat mencoba! (Fei)

Share

Video Popular