Sejak zaman dahulu, kebudayaan di seluruh dunia telah memanfaatkan musik sebagai sarana penyembuhan. Di Tiongkok sendiri, aksara Mandarin untuk kata obat merupakan hasil evolusi dari aksara Mandarin untuk kata musik, dan di dalam pengobatan Tiongkok, pada nada-nada yang tertentu dipandang berkaitan dengan organ dan sistem tubuh yang berbeda.

Penyembuhan kanker dan emosional

Penelitian menunjukkan bahwa terapi musik juga dapat berfungsi sebagai pengobatan komplementer bagi pasien kanker.

Sebuah studi yang dilakukan oleh University Hospitals of Cleveland, AS, menemukan bahwa terapi musik dapat memengaruhi respon biologis seperti denyut jantung dan tekanan darah, serta dapat meningkatkan fungsi kekebalan tubuh. Hal ini juga dapat mengurangi kecemasan dan kesedihan serta membantu mengatasi rasa sakit dan ketidaknyamanan.

Maria Logis didiagnosis limfoma non-Hodgkin dengan stadium-4 hampir 20 tahun yang lalu, kemudian dengan kanker tiroid. Saat ini, dia sedang dalam perawatan dari kedua penyakit kankernya. Maria memang perlu operasi pada tiroidnya, namun dia tidak pernah menjalani kemoterapi atau operasi untuk limfomanya.

Maria menghubungkan pemulihan dirinya di berbagai faktor, termasuk perubahan pola makan, dan mengatakan terapi musik secara nyata telah membantunya. Dia mengatakan, mulai mengikuti terapi musik sejak pertama kali didiagnosis dengan limfoma, dan itu membantunya merasakan emosi positif selama masa-masa tergelapnya.

“Pertama kali aku melihatnya, itu menyenangkan. Itu membuat saya tertawa,” katanya.

“Saya dalam keadaan khawatir, cemas, ketakutan dan putus asa, bahkan untuk tertawa beberapa menit saja bisa membantu memecahkan awan hitam mengerikan yang menyelimuti saya,” lanutya.

Sesi terapi tersebut juga memberikan padanya ketahanan emosional. “Di lain waktu saat saya bertemu dengannya, saya menangis dan menangis dan menangis. Saya mengeluarkan semua perasaan takut saya pada dokter dan perawatan,” katanya. “Terapi musik adalah proses penyembuhan emosional mendalam.” (Ajg)

Selesai

Share

Video Popular