Keterangan foto: Park Geun-hye, perempuan pertama yang menjadi Presiden Korea Selatan. (internet)

Oleh CNA Seoul

Kepala Sekretariat Bagian Ekonomi Istana Kepresidenan Korea Selatan Anzhong Fan pada Minggu (18/10/2015) mengadakan konferensi pers di Cheong Wa Dae menjelaskan bahwa pemerintah AS menyambut Korea Selatan (Korsel) untuk bergabung dalam Perjanjian Kemitraan Ekonomi Strategis Trans-Pacific Partnership (TPP).

Kantor Berita Korea Selatan Yanhap mengutip ucapan Anzhong Fan menyebutkan bahwa Korea Selatan dan AS sama-sama berpendapat, penandatanganan perjanjian perdagangan bebas membuat Korea Selatan lebih mudah untuk bergabung dengan TPP. Apalagi Presiden Obama dalam pertemuan tingkat tinggi dengan Park Geun-hye sudah menyatakan bahwa AS menyambut gembira Korea Selatan untuk bergabung dengan TPP.

Selain itu, Wakil Presiden Senior Kamar Dagang AS Myron Brilliant dalam Pertemuan Ekonomi Korea Selatan – AS berjanji akan secara aktif mendukung Korea Selatan bergabung dengan TPP.

Park Geun-hye melakukan kunjungan kenegaraan ke AS selama 4 hari yang berlangsung dari 14 – 17 Oktober 2015. Ia menghadiri pertemuan tingkat tinggi dengan Obama pada 16 Oktober 2015 yang kemudian disusul dengan mengeluarkan pernyataan bersama menyangkut isu-isu Korea Utara 2015 dan pernyataan yang menyangkut memperkuat kerjasama antara Korea Utara – AS. (sinatra/rmat)

Share

Video Popular