Keterangan gambar: Militer AS mengklaim Sanafi al-Nasr tewas dalam serangan udara pada 15 Oktober yang dilancarkan oleh pasukan koalisi yang dipimpin AS. (foto express.co.uk)

Departemen Pertahanan AS pada Minggu (18/10/2015) memberitakan bahwa serangan udara pasukan koalisi yang dipimpin AS di Suriah pada Kamis (15/10/2015) berhasil menewaskan pimpinan kelompok Khorasan yang merupakan cabang dari organisasi teroris al Qaedah. Ia merupakan orang penting kelima dari kelompok itu yang tewas dalam serangan yang sudah berlangsung selama 4 bulan.

Sebagaimana berita yang disampaikan oleh Apple Daily bahwa Sanafi al-Nasr yang asal Saudi itu juga bernama Abdul Mohsen Abdullah Ibrahim al-Sharikh. Ia bertanggung jawab untuk menyediakan dana dan anggota pasukan, mengatur dan merekrut anggota baru bagi al Qaedah di Suriah yang didatangkan dari Afghanistan melalui Turki.

Laporan menyebutkan bahwa serangan udara pasukan koalisi yang dipimpin AS ke wilayah barat laut Suriah pada Kamis (15/10/2015) telah menewaskan kepala kelompok Khorasan. Dengan tewasnya Sanafi al-Nasr diharapkan kelompok itu tidak lagi menghasut penyerangan terhadap AS dan negara-negara sekutunya.

Pasukan koalisi sejak tahun lalu terus melancarkan serangan terhadap pasukan IS di Suriah. Tetapi sebagian besar serangan diarahkan ke kelompok Khorasan. Pejabat berwenang AS pada saat itu mengatakan karena Khorasan berencana untuk melakukan serangan teroris ke Amerika, sehingga menjadi bagian dari sasaran yang dibasmi. (Secretchina/sinatra/rmat)

 

Share

Video Popular