Anda mungkin berpikir bahwa Anda mengetahui beberapa tips dan trik untuk meningkatkan daya baterai ponsel Anda … akan tetapi beberapa dari mereka ternyata mungkin hanyalah mitos. Lifehacker telah menulis sebuah artikel yang bertujuan untuk menghilangkan anggapan terhadap beberapa mitos tentang baterai smartphone dan hal itu termasuk beberapa informasi penting yang harus diketahui oleh setiap pengguna smartphone.

Salah satu mitos penting yang dibahas oleh Lifehacker adalah anggapan bahwa ponsel yang tetap terpasang pada pengisi daya dalam jangka waktu lama setelah baterai telah terisi penuh akan berdampak buruk terhadap daya tahan baterai. Akan tetapi, artikel tersebut yang mengutip Andrew Goldberg dari iFixit, menjelaskan bahwa semua perangkat isi ulang Li-Ion modern memiliki semacam IC manajemen daya, yang dirancang untuk mencegah pengisian baterai yang berlebih, yang akan menjaga baterai ponsel Anda berhenti terisi ketika ia sudah dalam kondisi penuh. Jadi Anda tidak perlu khawatir ketika lupa mencabut pengisi daya baterai yang terpasang semalaman, sebab baterai Anda akan baik-baik saja.

Mitos lain yang menarik adalah anggapan bahwa dengan menutup aplikasi yang tidak terpakai pada perangkat Anda akan meningkatkan daya hidup baterai Anda. Walaupun mungkin tampak kontra intuitif, tampaknya justru dibutuhkan lebih banyak daya untuk menutup aplikasi dan kemudian membukanya lagi nanti daripada hanya membiarkan aplikasi-aplikasi itu tetap terbuka.

“Ketika Anda membuka aplikasi yang sama lagi setiap kali Anda membutuhkannya, perangkat Anda akan melakukan loading kembali ke dalam memori,” jelas mantan teknisi Genius Bar yang dikutip oleh Lifehacker. “Semua loading itu memberi tekanan lebih pada perangkat Anda daripada hanya dengan membiarkannya tetap terbuka. Ditambah lagi, iOS akan menutup aplikasi-aplikasi yang tidak terpakai secara otomatis jika membutuhkan lebih banyak memori, sehingga Anda tidak perlu melakukan sesuatu yang sudah dilakukan oleh perangkat Anda. Anda adalah pengguna dari perangkat Anda, bukan ‘petugas kebersihan’ baginya.” (Zzr)

Share

Video Popular