Hy-Brasil adalah sebuah pulau yang muncul di peta kuno pada awal 1325 hingga 1800-an. Pada peta di masa itu, pulau tersebut terletak sekitar 321 km di lepas pantai barat Irlandia di Samudera Atlantik. Cerita tentang pulau tersebut telah beredar di seluruh Eropa selama berabad-abad yang menyebutkan bahwa itu adalah tanah yang dijanjikan bagi orang-orang kudus atau surge yang memiliki peradaban yang maju.

Dalam mitos Irlandia, pulau itu dikatakan selalu ditutupi oleh kabut tebal terkecuali untuk satu hari setiap tujuh tahun dimana pulau itu dapat terlihat meski masih tidak bisa dicapai.

Pulau misterius dengan banyak nama

Hy-Brasil (juga disebut Hy-Breasal, Hy- Brazil, Hy-Breasil, atau Brazir) berasal dari nama Breasal, yang berarti “raja tinggi dunia” dalam sejarah bangsa Celtic.

Pulau ini ada di dalam peta tahun 1325 oleh kartografer Genoa, Angelino Dulcert dimana ia diidentifikasi sebagai “Bracile.” Pulau itu kemudian juga muncul di Atlas Catalan pada 1375, yang ditempatkan sebagai dua pulau yang terpisah dengan nama yang sama, “Illa de Brasil.” Pada 1436, pulau itu muncul sebagai “Sola de Brasil” di peta Venezia oleh kartografer Andrea Bianco. Kemudian ia muncul lagi pada 1595 di Peta Eropa Ortelius dan Peta Europa Mercator.

Pulau itu kadang-kadang digambarkan dalam lokasi yang sedikit berbeda pada berbagai peta dari waktu ke waktu.

Ekspedisi untuk mencari Hy-Brasil

Pada 1480, John Jay Jr. berangkat dari Bristol, Inggris, dalam sebuah perjalanan untuk menemukan pulau dongeng itu, namun mereka gagal menemukan pulau tersebut setelah berputar-putar selama dua bulan di laut. Pada tahun 1481, dua kapal lainnya, Trinitas dan George, berangkat dari Bristol, Inggris, melakukan ekspedisi untuk menemukan Hy-Brasil juga nihil.

Pada tahun 1497, diplomat Spanyol, Pedro de Ayala memasukkan referensi bagi “orang-orang dari Bristol yang menemukan Brasil”, dalam sebuah laporan ke Monarki Katolik Spanyol. Hal ini menyiratkan bahwa seseorang dari salah satu ekspedisi Bristol telah benar-benar berhasil menemukan pulau tersebut.

Kapten laut Skotlandia, John Nisbet mengaku telah melihat Hy-Brasil pada pelayarannya dari Perancis ke Irlandia pada 1674. Dia mengatakan telah mengirim 4 orang ke pedalaman dimana para pelaut menghabiskan sepanjang hari di sana.

Kelinci hitam besar dan seorang pesulap misterius

Di pulau itu, kru Nisbet mengatakan telah bertemu dengan seorang pria tua yang bijak yang memberi mereka emas dan perak. Anehnya, sang kapten mengatakan bahwa pulau itu dihuni oleh kelinci hitam besar dan pesulap misterius yang tinggal di sebuah kastil batu besar sendirian. Sebuah ekspedisi tindak lanjut dipimpin oleh kapten Alexander Johnson yang juga mengaku telah menemukan Hy-Brasil, dan membenarkan temuan Nisbet ini.

Dalam tahun-tahun berikutnya, Hy- Brasil kian mundur ke dalam ketidakjelasan. Seiring dengan upaya untuk menemukannya yang terus mengalami kegagalan, para pembuat peta juga mulai tidak mencantumkan pulau tersebut ke dalam peta. Ketika terakhir diamati pada peta tahun 1865, itu hanya tercatat sebagai “Karang Brazil.”

Pada lokasi Karang Brasil ini, sekitar 120 mil dari pantai barat Irlandia, kita bisa lihat saat ini terdapat laut dangkal yang dikenal sebagai Porcupine Bank. Hal itu mungkin merupakan sebuah pulau menjelang akhir Zaman Es terakhir ketika permukaan laut lebih rendah. Jika ini adalah Pulau Hy-Brasil yang legendaris, maka tentunya pulau itu telah melalui tradisi untuk waktu yang sangat lama.

Penampakan yang terdokumentasi terakhir tentang Hy-Brasil dibuat pada tahun 1872 oleh Robert O’Flaherty dan T.J. Westropp. Westropp mengaku telah mengunjungi pulau itu pada tiga kesempatan sebelumnya dan begitu terpikat olehnya sehingga ia membawa keluarganya bersamanya untuk melihatnya secara langsung. Mereka semua konon menyaksikannya muncul sekejap sebelum menghilang lagi di depan mata mereka.

Mitos dan legenda tentang Hy-Brasil

Terdapat banyak mitos dan legenda seputar Hy-Brasil. Di antara banyak legenda, pulau itu disebut sebagai rumah para dewa dari bangsa Irlandia. Pada legenda lainnya, pulau itu dihuni oleh imam atau biarawan yang dikabarkan memiliki pengetahuan kuno yang memungkinkan mereka untuk menciptakan sebuah peradaban maju.

Beberapa pihak berpendapat bahwa pelayaran terkenal St. Brendan untuk menemukan “Tanah Perjanjian” mungkin telah mencapai Hy-Brasil.

Pulau ini juga menjadi bagian dari dongeng UFO modern yang terkenal “Insiden Hutan Rendlesham,” sebuah kisah tentang perjumpaan dengan UFO. Sebuah pesawat aneh dikatakan telah mendarat di luar sebuah pangkalan militer AS di Inggris. Sersan Jim Penniston mengklaim telah menyentuh pesawat itu dan secara telepati menerima 16 halaman kode biner. Kode itu disebut-sebut untuk memberikan koordinat beberapa situs kuno di seluruh dunia, seperti Piramida Giza di Mesir. Di antara koordinat itu juga meliputi lokasi Hy-Brasil seiring dengan pemetaan yang dilakukan oleh para kartografer kuno. (Osc/Yant)

Share

Video Popular