Wolfberry dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sangat cocok dikonsumsi oleh orang-orang yang fisik dan daya tahan tubuhnya lemah.
(Fotolia)

Wolfberry (goji berry) adalah obat herbal Tiongkok yang umum ditemui sehari-hari. Tambahkan segenggam wolfberry saat memasak sup, rasa lezatnya seketika akan bertambah, rasa manis wolfberry atau goji berry akan terasa sangat nikmat saat digunakan untuk menggoreng telur, menumis sayuran, menyeduh teh atau sebagai cemilan. Sering-sering mengonsumsi wolfberry dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan berkhasiat sebagai pengisi esensi vital dan darah, bermanfaat bagi ginjal, mencerahkan penglihatan, dan sebagai efek anti-penuaan.

Wolfberry memiliki efek terapi dan tonik yang baik, sangat cocok dikonsumsi oleh orang-orang yang berfisik dan daya tahan tubuh lemah. Namun, karena khasiatnya sangat kuat dalam menghangatkan badan, jadi bagi Anda yang kebetulan sedang flu, demam, peradangan, dan diare, sebaiknya jangan mengonsumsi wolfberry.

Berikut beberapa khasiat pengobatan ajaib dari wolfberry.

1. Infertilitas pria. Kunyah 15 gr wolfberry setiap malam, dan konsumsi selama satu bulan berturut-turut sebagai proses terapi, ini bisa berlangsung beberapa kali proses terapi.

2. Obesitas. Siapkan wolfberry 30 gr, seduh dengan air mendidih, kemudian minum sebagai minuman teh. Minum pagi dan malam masing-masing satu kali setiap hari, lakukan secara rutin selama empat bulan berturut-turut, berkahsiat menurunkan/menghilangkan lemak tubuh.

3. Diabetes. Siapkan 100 gr wolfberry, kukus sampai matang, kemudian kunyah (memamah), 3 kali sehari, masing-masing 10 gr untuk setiap kalinya, berkhasiat membantu menurunkan gula darah dan menghilangkan dahaga.

4. Haus di tengah malam (lansia). Kunyah 30 gr wolfberry setiap malam, umumnya berkhasiat jika dimakan selama 10 hari berturut-turut, bila perlu konsumsi secara rutin.

5. Hipertensi. Rebus sebanyak 15 gr wolfberry dan seduh sebagai minuman teh setiap hari, khasiatnya akan terasa jika diminum secara rutin setiap hari.

6. Buta malam, penglihatan berkurang . Siapkan wolfberry 6 gr, (bunga) krisan putih 6 gr, kemudian seduh dengan air panas, lalu minum layaknya minuman teh.

7. Hati lemah, sakit mata, keluar air mata begitu ditiup angin, cuaca cerah penglihatan buram, gejala katarak dan sebagainya. Siapkan 250 gr wolfberry, yellow wine (anggur kuning khas Tiongkok) secukupnya, rendam dalam botol kaca, lalu ditutup rapat, dan simpan 1-2 bulan kemudian, minum sedikit seusai makan setiap hari, cukup 1 -2 kali sehari.

8. Insomnia. Bagi Anda yang kekurangan darah dan insomnia, coba makan bubur longan wolfberry, berkhasiat menenangkan saraf. Ambil 10 gr wolfberry, daging lengkeng 15 gr, jujube 4 biji, 100 gr beras japonica (beras Jepang), bersihkan kemudian tambahkan air dan dimasak menjadi bubur.

9. Mual-mual karena hamil. Siapkan wolfberry dan baicalin (sejenis tanaman) masing-masing 50 gr, masukkan ke dalam wadah (porselen) lengkap dengan tutupannya, kemudian seduh dengan air mendidih, lalu minum setelah airnya mulai hangat, kemudian bisa diseduh kembali dengan air mendidih setelah habis diminum, minum secara rutin.

10. Presbiopi (mata tua). 1 sendok makan wolfberry, masukkan ke dalam cangkir/gelas, seduh dengan air mendidih. Tunggu beberapa menit setelah airnya agak hangat, baru tambahkan dengan satu sendok makan madu, aduk rata dan minum. Minum setiap bangun pagi dan malam menjelang tidur masing-masing minum satu gelas secara rutin setiap hari, dua bulan kemudian akan Anda rasakan khasiatnya.(Jhn/Yant)

Share

Video Popular