Kerutan di wajah perlahan-lahan akan merayap ke wajah kita seiring bertambahnya usia, jika tidak terawat dengan baik dan benar, maka kerutan itu pun akan tiba lebih cepat.

Di wajah kita masing-masing total terdapat 17 jenis kerutan, mereka (keriput) akan muncul pada waktu yang berbeda sesuai dengan kondisi dan gaya hidup setiap orang. Dan di mata para ahli, munculnya nasolabial folds (garis senyum) itu bisa jadi merupakan isarat akan bahaya kematian dini.

Bagi mereka yang berkulit kering atau mengabaikan perawatan sangat mudah bisa kita temukan crow’s feet atau cakar burung gagak (bentuk guratan di wajah yang menyerupai cakar burung gagak) atau garis tawa di wajahnya. Mereka yang terbiasa membelalakkan mata menatap orang, rentan terjadi kerutan di dahi, semua kerutan ini tidak bisa benar-benar mencerminkan usia Anda yang sebenarnya. Dibanding dengan orang seusia, jika lipatan nasolabial (kerutan) Anda sangat dalam, ini berarti kulit Anda secara keseluruhan itu sudah kendur dan kondisi penuaan sangat serius.

Aktivitas atau pekerjaan yang tidak sama pada setiap orang, waktu dan tingkat munculnya keriput juga berbeda. Orang yang bekerja di lapangan (luar kantor) yang selalu ditemani dengan teriknya sinar Matahari dalam jangka waktu panjang, kulitnya lebih rentan mengalami penuaan, dan kerutan/lipatan di dahi juga akan lebih dalam. Sementara mereka yang beraktivitas di dalam ruangan, akan lebih rawan mengalami kerutan di lekuk mata, artinya garis senyum (kerutan) akan tampak jelas di pinggiran mata ketika tersenyum/tertawa. Tapi secara keseluruhan, dibandingkan dengan mereka yang bekerja di luar ruangan, munculnya kerutan pada orang-orang yang bekerja di dalam ruangan itu juga akan jauh lebih lambat, dan skalanya juga relatif lebih ringan.

Setiap kerutan apa pun akan meningkatkan perasaan tua, lipatan nasolabial dan kendurnya kulit secara keseluruhan itu berhubungan dengan penuaan, karena itu lebih memungkinkan mengungkapkan kondisi maupun usia seseorang. Selain itu juga menunjukkan Anda mengabaikan perawatan fisik, sehingga memicu penuaan itu tiba lebih awal. (Jhn/Yant)

Share

Video Popular