Sikat gigi tenaga surya (AppleDaily)

Baru-baru ini, pabrikan asal Jepang meluncurkan sejenis sikat gigi energi surya. Sikat gigi ini mengandung komponen titanium yang dapat bereaksi secara kimia dengan air, air liur, dan sinar matahari. Produk ini juga mampu membersihkan karang gigi berikut kotoran lainnya. Kedengaranya sangat mengesankan, tapi harganya sekitar NT $ 700 atau setara dengan Rp. 292,000,- cukup menguras isi dompet hanya untuk sebuah sikat gigi.

Tidak terbiasa menyikat gigi. Bukan hanya terlihat tidak sedap dipandang, bahkan mungkin akan memicu penyakit lainnya karena kerusakan gigi. Sementara itu, selain sikat gigi yang umum dan sikat gigi elektrik yang beredar di pasar sekarang, baru-baru ini produsen asal Jepang shiken juga meluncurkan sejenis sikat gigi energi surya SOLADEY N4.

Mungkin akan terlintas dalam benak anda itu adalah sejenis sikat gigi elektrik? namun sikat gigi itu tidak bisa bergerak, tetapi menggunakan titanium dioksida, suatu materi khusus di pegangan (gagang sikat gigi), dan mengandalkan panel surya menyerap cahaya matahari.

 Sikat gigi ini akan bereaksi secara kimiawi dengan air dan air liur, sehingga dapat menghilangkan kotoran di celah gigi. Dibandingkan dengan sikat gigi pada umumnya, sikat gigi energi surya dapat meningkatkan sekitar 40% efek pembersihan disekitar gigi. Diperkirakan akan di pasarkan di luar negeri pada 1 November mendatang, dengan harga 2,500 Yen atau sekitar Rp. 292,000. Kehandalan alat ini pun sudah diuji oleh perusahaan bernama The Shiken. Ketika dicoba, SOLADEY N4 dikatakan mampu membuktikan diri dalam membunuh bakteri-bakteri yang bersembunyi di sekitar gigi.

Panel surya pada SOLADEY N4 ditempatkan di bagian gagang agar lebih mudah menyerap energi dari cahaya sekitar. Cahaya ini kemudian ditransmisikan ke gigi melalui air yang terionisasi dan semikonduktor titanium oxide pada bagian ujung sikat gigi yang terhubung dengan benang sikat gigi. (Appledaily/Jhon/asr)

Share

Video Popular