- Erabaru - http://www.erabaru.net -

Kini Ada Pengganti Gula Alami yang Baru

Ada pemanis alternatif baru yang bersiap membuat gebrakan di pasarnya, dan itu bernama allulose (juga D-Psicose). Pemanis ini mengklaim memiliki kalori 90 persen lebih sedikit daripada glukosa lama yang baik, tetapi 70 persen sebagai pemanis dan berperilaku seperti gula dalam memasak dan memanggang.

Terbuat dari pati jagung fruktosa yang mengalami proses konversi enzim, studi awal menunjukkan bahwa ia melewati sistem yang belum dicernakan dan tidak menyebabkan gangguan pencernaan. Kedengarannya bagus, kan? Namun ada beberapa alasan untuk waspada.

Pertanyaan pentingnya, bagaimana hal itu akan memengaruhi kehidupan flora dalam usus Anda? Bahkan jika sesuatu tidak menyebabkan lonjakan gula darah langsung, itu tidak berarti bahwa hal itu tidak akan mengubah pertumbuhan bakteri dalam usus Anda. Bahkan, penelitian telah menunjukkan bahwa pemanis rendah kalori langsung dapat mengakibatkan intoleransi glukosa karena perubahan flora usus.

Sebagai produk berbasis pati yang tetap tercerna dalam tubuh kita, allulose pasti memiliki potensi untuk memberi makan bakteri usus yang tidak diinginkan, yang berarti jika Anda makan banyak, Anda dapat mengubah microbiome Anda menjadi buruk. Kita memahami kekuatan sejati bakteri usus memiliki pengaruh lebih dari kesehatan kita. Mereka bertanggung jawab atas sistem kekebalan tubuh kita, ketagihan kita, bobot kita, penyakit kita, kesehatan kulit kita dan banyak lagi. Sangat penting untuk menjaga bakteri usus Anda senang jika ingin tetap sehat.

Makan yang manis-manis namun sedikit kalori juga dapat mengelabui otak dan menyebabkan rasa ketagihan menjadi lebih intens dan peningkatan rasa lapar. Dengan cara ini, bakalan ‘diet’ benar-benar bisa menjadi bumerang dan menyebabkan Anda mendapatkan beberapa kenaikan berat badan yang tidak diinginkan. Jika itu yang terjadi, Anda akan lebih baik makan sedikit permen manis – setidaknya tubuh Anda akan tahu apa yang harus dilakukan dengannya dan Anda akan merasa puas.

Meskipun allulose belum berada di pasaran bebas, akan tetapi utamanya mungkin akan ditujukan bagi makanan olahan daripada menjualnya secara langsung kepada konsumen. Kita harus menunggu dan melihat apa yang akan dibawa oleh pemanis buatan ini, tetapi pastikan untuk membuat penilaian Anda sendiri.

Tidak ada keajaiban pemanis di luar sana. Jangan membabi buta percaya terhadap apa yang iklan katakan kepada Anda. Sementara itu, cobalah untuk mengurangi ketagihan pada gula biasa bukannya mengganti dengan bahan yang banyak melalui pemrosesan ini, tentunya Anda akan jauh lebih sehat. (Ajg/Yant)