Proses penuaan adalah sesuatu hal yang alami, bukan berarti kita tidak dapat berbuat apa pun agar selalu sehat dan awet muda. Dan hal tersebut tidaklah sulit dan mahal. Caranya adalah dengan menjadi lebih cermat dalam memilih makanan. Kita cenderung makan sekadar untuk mengisi perut, tanpa memikirkan efeknya terhadap tubuh. Padahal prinsip yang benar adalah kita makan untuk memenuhi kebutuhan sel tubuh. Karenanya, pilihlah jenis makanan yang sesuai dengan kebutuhan tubuh.

1. Pepaya

Pepaya mengandung papain, suatu enzim pemecah protein yang dapat menetralkan gangguan dan peradangan pada pencernaan, serta membantu mengurangi faktor-faktor penuaan.

Pepaya adalah makanan yang bersifat anti penuaan karena kemampuannya membantu tubuh menerima nutrisi secara maksimal dengan membantu pencernaan dan penyerapan, kedua hal ini penting agar tetap awet muda.

2. Markisa

Markisa kaya akan vitamin C dan membantu merajut kolagen yang membuat kulit segar dan bebas kerut.

Markisa kaya akan antioksidan, seperti vitamin A dan C, yang dalam tubuh bertindak untuk memperlambat penuaan.

3. Persik

Persik mengandung mineral magnesium dan fosfor, yang digunakan oleh sistem saraf untuk memfungsikan otak dan otot secara optimal.

Persik juga kaya vitamin C, yang melindungi bagian tubuh yang dikenal sebagai daerah berair, di dalam dan di antara sel serta dalam aliran darah. Efek pencahar lembut mereka membantu menjaga keteraturan usus serta memastikan membuang racun penuaan.

4. Alpukat

Daging buah yang berbentuk krim pada alpukat mengandung nutrisi yang dapat menjaga kulit agar tampak muda dan menjaga jantung tetap kuat.

Alpukat mengandung nutrisi lutein karotenoid tingkat tinggi, melindungi mata dari degenerasi makula(penyakit mata yang terkait dengan usia) serta membantu kulit agar tidak keriput dan menjaga agar tidak terjadi perubahan pigmen, kerusakan yang disebabkan oleh sinar Matahari.

5. Kiwi

Kiwi mengandung lebih banyak vitamin C daripada jeruk, juga vitamin E dan lemak asam omega-3 untuk menutrisi kulit. Vitamin C bekerja dengan tembaga untuk memproduksi kolagen, dan menjaga kulit tetap baru dan kenyal.

Buah kiwi mengandung semua nutrisi dan enzim yang diperlukan untuk pertumbuhan tanaman. Mengonsumsi mereka berarti membuat tubuh dapat tumbuh dan diremajakan.

6. Pisang

Vitamin C dan kalium pisang mengangkut oksigen ke seluruh tubuh, memperbaharui dan merevitalisasi kulit.

Pisang telah menunjukkan kemampuan membantu fungsi ginjal dan menghilangkan retensi cairan, mengurangi bengkak untuk menambah tampilan yang lebih muda.

Pisang yang matang mengandung serat dengan jumlah tinggi, namun paling bagus pisang dikonsumsi saat kulit berwarna kuning solid tanpa bintik-bintik. Hindari pisang yang terlalu ranum karena gula telah dipecah dan buah berasa terlalu manis.

7. Semangka

Semangka memiliki efek menguntungkan untuk keseimbangan cairan tubuh, membantu mencegah retensi air dan menambah cukup cairan serta kulit tetap awet muda.

Semangka adalah sumber vitamin C yang sangat baik untuk menyembuhkan semua jaringan tubuh dan menjaga kulit tetap segar dan bebas dari bintik-bintik usia. (Feb/Yant)

Share

Video Popular