Konsep mobil rancangan Apple (Network pic)

Beberapa waktu lalu, saat wawancara dalam forum The California Technology Summit 2015 di Wall Street Journal, CEO Apple Timothy Donald Cook seperti dilansir laman maomao bear mengatakan : “Saya pikir, perangkat lunak di masa depan akan menjadi komponen yang semakin penting di bidang otomotif, demikian juga dengan kendaraan tanpa kendali supir.”

“Hal yang benar-benar kami inginkan agar terwujud dalam jangka pendek adalah, supaya orang-orang bisa merasakan sensasi iPhone saat mengendarai mobil, sementara buruknya performa teknologi dari produsen mobil itu sendiri, membuka peluang yang besar bagi Apple inc.” Begitu Cook menyatakan komitmennya, pembuatan mobil Apple sudah pasti akan diimplementasikan.

Lalu, bagaimana Apple akan membuat mobilnya, dan seperti apa mobil yang akan diproduksinya? dibandingkan dengan smartphone, industri otomotif merupakan industri yang sangat kompleks dan rumit. Setelah lebih dari satu abad pengembangannya, berbagai kepentingan saling terkait. Teknologi industri otomotif saat ini dalam genggaman raksasa (industri otomotif) terkemuka, sementara yang belakang (baru merintis) perlu waktu yang panjang baru bisa mencapai tingkat teknologi yang relatif tinggi.

Untuk memproduksi mobil ini, Apple tampaknya tidak terlalu ingin meminta bantuan dari produsen mobil lain,” kata sebuah sumber yang mengetahui perihal pengembangan mobil Apple, beberapa waktu lalu. Mobil Apple juga akan dilengkapi dengan berbagai teknologi baru. Dalam ciri khasnya, Cook menekankan tentang perangkat lunak, self-driving, dan perangkat lunak mobil Apple dipastikan sangat istimewa.

Sementara dari sisi mekanis, kurang lebih mungkin sama dengan Tesla.  Namun, dari sisi perangkat lunak, sensasi pengguna, pola interaksi manusia-komputer dari mobil Apple dipastikan akan menjadi tolok ukur industri baru. Ditilik dari orientasinya, baik itu berupa komputer atau ponsel Apple, semuanya itu merupakan barang bermutu tinggi dalam serangkaian produk Apple, tapi bukan barang mewah.

Jadi, orientasi Apple juga tidak akan terlalu tinggi, gradenya kira-kira setara dengan Tesla atau level high medium BBA, dibanderol sekitar 50,000 dolar AS. Namun demikian dikarenakan kompleksitas dari proyek otomotif, kehadiran mobil Apple setidaknya perlu waktu 2,3 tahun. (SecretChina/Jhon)

Share

Video Popular