- Erabaru - http://www.erabaru.net -

Survei Nielsen: Penonton Lebih Menyukai Program TV Serial, Olahraga Dominan

Ilustrasi menonton televisi (BusinessInsider)

JAKARTA – Program TV Serial masih mendapatkan penonton terbanyak bila dibandingkan dengan genre program lainnya meskipun jumlah tayangannya hanya 10 persen dari total waktu siaran. Hal ini disebabkan kebanyakan Serial ditayangkan di jam tayang prime time. Demikian dilaporkan Nielsen Television Audience Measurement (TAM) atas pengukuran kepemirsaan yang dilakukan di 11 kota di Indonesia.

Nielsen menemukan bahwa dalam sepuluh tahun terakhir, program tayangan yang paling banyak ditonton tidak lagi didominasi oleh Serial, namun lebih banyak didominasi oleh program Olahraga yang sebagian besar adalah tayangan pertandingan sepak bola.

“Bila sepuluh tahun yang lalu program Serial bisa mendapatkan angka rating tertinggi hingga 14,3 poin, maka dalam sepuluh tahun terakhir, angka rating tertinggi yang pernah diraih oleh genre program ini hanya 8,9 poin,” demikian laporan Nielsen dalam rilisnya di Jakarta, Rabu (28/10/2015).

Laporan demikian disampaikan Nielsen seputar perkembangan tayangan serial televisi di tahun 2015 ini. Hasil survei disamaikan dalam paparan hasil studi Series Trend 2015. Hadir sebagai pembicara Mochammad Ardiansyah selaku Direktur Media Nielsen Indonesia.

Laporan Nielsen menyebutkan antara tahun 2012-2014, rata-rata rating program Serial cenderung menurun dan stagnan di kisaran 2,1 poin meskipun jam tayangnya meningkat di tahun 2012 dan 2013. Tren penurunan ini terutama terjadi pada program Serial lokal dan Serial yang berasal dari Tiongkok.
Pada 2015, hingga bulan September terlihat bahwa program Serial masih populer, dimana rata-rata dalam satu hari genre program ini meraih poin rating tertinggi dibandingkan dengan genre program lainnya.

Program Serial meraih rata-rata 1,7 poin rating, program Acara Spesial mendapatkan 1,2 poin rating, program Film dan program Anak-anak meraih 1,1 poin rating dan program Hiburan mencapai 1,0 poin rating. Genre program lainnya seperti Informasi, Berita, Agama dan Olahraga hanya mencapai rata-rata dibawah 1 poin rating.

Program Serial masih populer karena walaupun jam tayangnya hanya 10 persen dari total waktu siaran, penonton di 11 kota di Indonesia menghabiskan 20 persen waktu menontonnya untuk program tersebut, sama dengan persentase waktu yang digunakan untuk menonton program Hiburan.

Terlebih lagi, sebagian program Serial ditayangkan pada waktu prime time yang memiliki potensi jumlah penonton tertinggi, yaitu pada pukul 18.00 – 21.59 WIB. Hal inilah yang membuat program Serial masih meraih poin rating yang tinggi. Sementara itu, setelah program Serial, waktu menonton yang paling banyak dihabiskan berikutnya adalah untuk menonton program Film (13%) dan program Anak-anak (11%). (asr)