Ilustrasi (Shutterstock)

JAKARTA – Survei yang dilakukan Nielsen Indonesia berkaitan minat penonton TV di Indonesia, pada genre program Serial dengan hadirnya program Serial dari Turki di tahun ini telah mengubah peta persaingan saat ini.

Sejak Januari hingga September, meskipun  program Serial lokal merupakan yang terbanyak dari segi jumlah judul dan jam tayang, namun ternyata rata-rata waktu menonton terbanyak yang dihabiskan oleh penonton di 11 kota di Indonesia dalam satu hari adalah untuk menonton program Serial yang berasal Turki dengan 31 menit.

Sementara itu rata-rata waktu menonton Serial dari India adalah 21 menit, dan rata-rata waktu menonton Serial lokal adalah 18 menit. Padahal, jumlah Serial lokal yang ditayangkan di stasiun televisi nasional ada 212 judul dengan porsi waktu tayang sebesar 59 persen.

Jumlah yang jauh lebih tinggi bila dibandingkan dengan jumlah Serial dari India yang berjumlah 27 judul dengan porsi waktu tayang 15 persen dan Serial dari Turki yang hanya berjumlah 11 judul dengan porsi waktu tayang hanya 9 persen. “Serial lokal saat ini menghadapi pesaing dari Turki. Walaupun ada lebih dari 200 judul, tidak banyak yang bisa bertahan di posisi 10 teratas.” tutur Mochammad Ardiansyah, Director, Media, Nielsen Indonesia dalam rilisnya di Jakarta, Rabu (29/10/2015).

Dia menuturkan, serial dari Turki yang jumlahnya jauh lebih sedikit dan sebagian besar ditayangkan bukan di waktu tayang prime time ternyata mampu merebut hati penonton. Hal ini menunjukkan bahwa penonton masih menyukai genre program Serial, namun pada saat yang sama juga menginginkan sesuatu yang baru dan segar, dan kehadiran Serial dari Turki dapat menjawab keinginan itu untuk saat ini.

Program Serial dari Turki memang sebagian besar ditayangkan tidak pada waktu tayang prime time, dimana kurang dari 10 persen ditayangkan pada pukul 18.00 – 21.59 WIB. Sekitar 50 persennya ditayangkan pada pukul 10.00 – 13.59 WIB dan hampir 40 persen ditayangkan pada pukul 22.00 – 01.59 WIB.

Meski sebagian besar penonton program Serial adalah perempuan, ada sedikit perbedaan pada profil penonton Serial Turki. Penonton Serial lokal dan India terbanyak merupakan perempuan dari kelompok usia 5-14 tahun dan 30 tahun ke atas dari kelas sosial menengah ke bawah, sementara penonton Serial Turki terbanyak adalah perempuan dari kelompok usia 30 tahun ke atas dari kelas sosial menengah. (asr)

Share

Video Popular