Ketika berhubungan dengan keterampilan yang diminati untuk masa depan, banyak orang mungkin menunjuk ke ahli IT, insinyur, atau pebisnis. Keterampilan komunikasi dan khsusunya menulis sering diabaikan .

Menulis adalah keterampilan yang menembus hampir setiap bidang pekerjaan dan aspek kehidupan. Kita tidak benar-benar lahir dengan keterampilan ini, dan sekolah cenderung hanya menggores permukaan ketika datang ke pokok menulis.

Anda akan memberikan anak-anak Anda layanan yang besar jika Anda bisa meluangkan waktu untuk membantu mereka mengembangkan keterampilan menulis.

Berikut adalah delapan cara mudah untuk mengajari anak-anak Anda untuk menulis.

1. Membaca

Membaca dapat memberikan satu apresiasi untuk gaya penulisan yang berbeda dan kekuatan kata-kata penulisan. Membaca keras-keras dengan anak-anak Anda, meskipun Anda pikir mereka terlalu tua untuk itu.Dorong anak-anak Anda untuk membaca secara mandiri memberikan mereka dengan sejumlah buku.

2. Membuat jadwal

Anda sibuk. Saya sibuk. Mereka sibuk. dan semuanya sibuk. Satu-satunya cara agar anak Anda mendapatkan waktu untuk belajar menulis adalah jika Anda membuat jadwal.

Sengaja menyisihkan waktu untuk menulis. Membuat rancangan yang menyenangkan dengan memusatkan mereka pada hal-hal yang mereka sukai.

3. Biarkan mereka mendikte Anda

Sebelum mereka dapat menulis ABC di atas kertas dengan baik. Biarkan mereka mendikte Anda dengan cerita mereka sendiri atau tentang surat kepada saudra.

Menuliskan apa yang mereka katakan,dan semua kesalahannya. Memungkinkan imajinasi mereka untuk mengalir dengan bebas. Mereka akan bersenang-senang dengan ide-ide mereka yang datang dari hasil menulis.

4. Gunakan pensil dan kertas

Penulis Judy Blume pernah berkata, “Apa pun yang terjadi antara otak dan pensil di tangan saya, itu benar-benar penting untuk proses saya.”

“Tapi itu tahun 2015, dan semua menulis dengan aplikasi…,” pikir Anda.

Banyak penulis sukses sepanjang sejarah telah menunjukkan manfaat dari menulis dengan pena atau pensil dibandingkan dengan mesin tik atau teknologi saat ini.

Sebuah studi tahun lalu dalam jurnal Psychological Science menunjukkan bahwa mahasiswa yang membuat catatan pada laptop kurang berhasil mengikuti tes pemahaman berikutnya dibandingkan mereka yang membuat catatan dengan pena dan kertas.

Mengutamakan tulisan tangan yang jelas. Mendorong kebebasan mencoret -coret gambaran dalam pikiran. Menikmati kebebasan dengan alat-alat sederhana. Tunjukan pada anak-anak Anda bahwa pensil dan kertas adalah alat yang hebat.

5. Membuat sahabat pena

Menulis dengan menguasai audiens yang spesifik dalam pikiran adalah kuncinya. Membuat surat pena untuk teman-teman dan keluarga dan mengirimkannya melalui surat biasa.

Mereka menulis surat untuk nenek mereka mungkin isi akan berbeda dengan surat yang mereka tulis untuk teman baik mereka. Mereka mungkin akan mendapatkan surat balasan dan menikmati buah dari hubungan sahabat pena kuno.

6. Mencoba menulis dengan gaya berbeda

Tentu saja, ada banyak jenis penulisan yang anak-anak Anda dapat mencoba bersama dan mengambil manfaat dari belajar. Di sekolah, mereka mungkin akan fokus pada menulis esai tak lebih dari apa pun.

Jika mereka tampak tertarik pada puisi, belajar sementara waktu. Mungkin mereka cenderung memilih untuk pesan kartu ucapan. Mereka harus bebas untuk mereka buat. Mungkin mereka suka menulis potongan sandiwara. Jangan membatasi mereka, dan jangan meremehkan apa yang bisa mereka lakukan.

7. Situ web (blog)

Membuat sebuah situs web kecil untuk anak-anak Anda untuk berbagi ide-ide mereka dengan dunia. Mungkin mereka ingin fokus pada topik favorit mereka atau hanya mengelola sebuah blog.

Jelas, privasi online dan keamanan harus dipertimbangkan, tapi membiarkan anak-anak Anda untuk menjangkau orang lain dengan ide-ide mereka dan berpotensi menerima umpan balik akan mendorong mereka untuk terus tumbuh dan berkembang.

8. Belajar dari online

Anda mungkin berpikir, “Saya bukan seorang penulis. Bagaimana aku bisa mengajar anak-anak saya untuk menulis? “

Tampaknya hampir tidak ada batasan untuk sumber daya di online yang tersedia ketika datang ke mengajarkan cara menulis.

Sebagai orangtua, jika Anda memberikan anak-anak Anda dengan waktu, lingkungan yang kondusif, banyak dorongan, dan beberapa sumber, mereka akan memiliki semua yang mereka butuhkan untuk mengembangkan keterampilan menulis mereka. Setidaknya, mereka akan memiliki keterampilan yang akan berguna untuk seluruh hidup mereka. Dan seberapa besar yang bisa mereka bermimpi?

Share

Video Popular