Erabaru.net. Smartphone baru selalu bermunculan setiap tahun menyingkirkan ponsel model lama.

Namun, mungkin masih banyak yang mempertahankan ponsel lamanya.

Sehubungan dengan itu, apakah sebaiknya ponsel lama itu tetap disimpan atau dijual?

Sebenarnya, ponsel jadul atau smartphone lama itu banyak kegunaannya, selain bisa dijadikan sebagai remote kontrol, alat pemantau (CCTV), navigasi mobil, juga bisa difungsikan sebagai data rekorder.

Fungsi lainnya adalah single lens reflex camera (kamera refleks lensa tunggal), alarm, dan beberapa fungsi lain yang mungkin tidak anda ketahui.

Kita tahu ponsel lama itu adalah pusaka, jika tidak digunakan dan disimpan masih banyak fungsi yang bisa dimanfaatkan, seperti misalnya sebagai remote control, monitor (CCTV), membuat hotspot pribadi (Personal Hotspot), atau sebagai telepon gratis di rumah.

Selain itu, ponsel jadul itu benar-benar sangat praktis, berikut kami rangkum beberapa fungsi ponsel jadul yang mungkin tidak anda ketahui.

Kamera refleks lensa tunggal

Pixel maupun kualitas kamera ponsel sekarang terus ditingkatkan, padahal, jika ingin memodifikasi smartphone anda menjadi kamera refleks lensa tunggal juga sah-sah saja.

Beberapa aplikasi (App) sekarang dapat mengubah shutter smartphone, ISO, white balance dan sebagainya, selain itu juga dilengkapi dengan Grid Overlays konfigurasi yang diperlukan. Adapun mengenai lensa tambahan, yang lebih banyak dikenal adalah Sony QX dan Olympus Air.

Viewfinder (Jendela bidik) kamera refleks lensa tunggal

Ponsel lama bisa dihubungkan dengan kamera refleks lensa tunggal melalui koneksi USB, gunakan layar ponsel sebagai jendela bidik kedua, untuk mengendalikan operasional kamera.

Sebagai Event Data Recorder, EDR

Banyak orang memilih menghabiskan banyak uang hanya untuk membeli Event Data Recorder, untuk merekam dan mengumpulkan berbagai informasi saat mengemudi, sebagai bukti jika terjadi perselisihan lalu lintas.

Sebenarnya, smartphone lama anda juga bisa disulap menjadi data recorder.

Namun, saat menggunakan ponsel lama sebagai data recorder, tidak cocok merekam dalam jangka waktu lama, karena waktu rekaman yang lama, akan membuat ponsel menjadi panas.

Selain itu juga perlu selalu memastikan ruang penyimpanan memory ponsel itu apakah cukup.

Sebagai alarm

Cemas akan terjadi pencurian di rumah saat bepergian? jangan khawatir, coba manfaatkan semartphone lama anda yang sudah dimuseumkan itu sebagai Antitheft Device For Mobile Phone (Anti Theft Alarm).

Anda hanya perlu mengunduh app terkait, maka dengan mudah anda bisa menyulap ponsel lama itu menjadi Anti Theft Alarm.

Prinsip kerja Anti Theft Alarm itu menggunakan lensa kamera ponsel, mengontraskannya dengan penginderaan gerak.

Sementara itu, aplikasi akan secara kontinyu membandingkannya dengan pemandangan paling awal, dan selama di layar itu muncul suatu objek yang bergerak, alarm akan mengingatkan dan mengirimkan pemandangan itu ke e-mail yang telah disetting.

Sebagai pemutar musik

Jangan khawatir tentang ruang penyimpanan yang tidak cukup, tidak perlu selalu mengganti CD, smartphone bisa secara berkesinambungan menempatkan banyak musik. Selama sistem stereo di rumah anda itu ada jack input audio 3.5mm, sebuah kabel audio 3.5mm di kedua ujungnya, dimana ujung kabel audio yang satunya  dihubungkan ke ponsel, sementara kabel audio satunya lagi di hubungkan ke perangkat audio, maka anda pun sudah bisa menikmati kualitas suara layaknya home theater.

Sebagai mesin pemindai berkas

Ketika ingin e-mail dokumen ke pihak lain, tapi tidak ada scanner.

Jangan khawatir, saat seperti ini smartphone adalah pilihan terbaik, sebagai mesin pemindai dokumen paling cepat, cukup siapkan kamera dan jepret, setelah itu anda bisa langsung kirim melalui kotak e-mail di ponsel. Atau, anda ingin meng-copy dokumen itu, tidak perlu mengetiknya satu demi satu, cukup siapkan kamera dan jepret, maka dokumen itu pun langsung tersimpan.

Sebagai alat penyimpanan file

 Terlalu banyak foto-foto lama, musik dan film, tapi sayang kalau dihapus (buang), jangan khawatir, saat seperti ini, lagi-lagi ponsel lama anda bisa dimanfaatkan lagi.

(Epochtimes/Jhon/asr)

Share

Video Popular