Di balik rasanya yang asam, ternyata asam jawa kaya akan manfaat untuk kesehatan. Kandungan vitamin, mineral, serat, antioksidan dan senyawa kimia lainnya, dapat memerangi radikal bebas dalam tubuh dan mengatasi sembelit.

Berikut beberapa manfaat lainya dari asam jawa untuk kesehan.

Menyembuhkan peradangan

Mengkonsumsi asam secara rutin, baik sebagai minuman maupun disertakan dalam berbagai masakan, dapat membantu menjaga peradangan yang terjadi pada tubuh Anda.

Mengobati penyakit malaria

Di Negara Asia, asam jawa untuk mengobati orang yang menderita malaria.

Mengontrol kolesterol

Penelitian menunjukkan, bahwa mengonsumsi asam jawa secara rutin, dapat bermanfaat untuk mengontrol kadar kolesterol dalam darah Anda serta menjaga kesehatan jantung Anda juga.

Agen antiseptik

Sejak berabad-abad yang lalu, asam jawa sudah terkenal manfaatnya sebagai obat antiseptik, yang ampuh menyembuhkan luka ringan serta efektif mencegah penyebaran infeksi pada luka.

Penyakit kuning

Orang yang menderita penyakit kuning secara rutin mengkonsumsi teh yang terbuat dari daun asam jawa dapat sebagai pertolongan pertama.

Mengatasi sembelit

Jika menderita sembelit, Anda dapat mengonsumsi sedikit asam jawa untuk melancarkan pencernaan Anda.

Mencegah kanker

Karena mengandung sejumlah antioksidan, sehingga dapat mencegah pertumbuhan beberapa jenis sel-sel kanker.

Menyembuhkan infeksi
Asam jawa dapat menyembuhkan infeksi ringan serta membunuh cacing dalam perut Anda.

Memurnikan darah

Penelitian menunjukkan, bahwa asam jawa dapat berfungsi untuk membersihkan darah. Ini adalah salah satu alasan yang baik untuk mengonsumsi asam jawa setiap hari dalam berbagai masakan Anda.(Anai)

Share

Video Popular