Keterangan gambar: Sampah antrariksa atau obyek misterius (WT1190F) dari angkasa yang tak dikenal itu akan menghantam bumi November 2015, dengan lokasi diperkirakan jatuh di Samudera Hindia, pungkas ilmuwan. (dikutip dari metro news)

“Sampah antariksa” sering kali mengorbit mengelilingi bumi, ia merupakan obyek buatan manusia yang tidak memiliki manfaat apapun, dan sekarang telah mengancam kegiatan eksplorasi ruang angkasa, atau bahkan tidak tertutup kemungkinan akan terjadi tabrakan yang menyebabkan bencana. Menurut penuturan ilmuwan, bahwa sampah antariksa tak dikenal (WT1190F), akan menabrak atmosfer bumi pada 13 November 2015 mendatang, dengan lokasi diperkirakan di Samudera Hindia.

Melansir laman “Metro News” Inggris, para ilmuwan memperkirakan bahwa sampah antariksa “WT1190F”yang ditemukan itu kini melesat dengan kecepatan sekitar 65 kilometer per jam, dan diprediksi akan jatuh ke atmosfer di atas langit Samudera Hindia pada 13 November mendatang.

Para ilmuwan menuturkan, panjang WT1190F sekitar 1-2 meter, mereka menduga sampah antariksa atau benda misterius itu merupakan sisa puing-puing dari roket yang terlepas dari pesawat antariksa. Dugaan paling besar menyatakan itu merupakan sisa dari misi Apollo ke Bulan.

Para ilmuwan memperkirakan, setelah “WT1190F” jatuh ke Bumi, sebagian besar akan terbakar di atmosfer, sementara sisanya akan jatuh ke Samudera Hindia, karena itu, para ilmuwan tidak berencana ke lokasi pendaratan untuk mencarinya.

Sampah antariksa “WT1190F” ditemukan untuk pertama kalinya oleh Catalina Sky Survey, sebuah program yang bertugas mengamai objek dekat bumi (near earth objects/NEOs) seperti asteroid atau komet yang berpotensi berbahaya. Awalnya, para ilmuwan tidak tahu bagaimana menafsirkannya, tapi setelah pengumpulan dan observasi data space telescope pada 2012 dan 2013 lalu, barulah dengan cepat menghitung lintasan peredarannya. (Secretchina/joni/rmat)

Share

Video Popular