Penuaan adalah suatu proses yang alami, hanya saja ada yang terlalu cepat datangnya, sangat kontras denga usia yang sebenarnya, sebaliknya ada juga yang lambat, karena perawatan tubuh yang sesuai biasanya bisa mempertahankan kondisi yang lebih baik.

Umumnya, kita akan menebak usia seseorang dari garis-garis kerut di wajahnya. Sebenarnya, penuaan wanita itu dimulai dari organ dalam, karena itu, hanya dengan cara merawat organ dalam dengan baik, barulah kunci utama pencegahan penuaan dini.

Organ dalam berikut ini adalah bagian yang lebih dulu mengalami penuaan.

Saluran pencernaan

Saluran pencernaan adalah organ tubuh yang lebih dulu mengalami penuaan, yang bertanggungjawab sebagai pencernaan dan penyerapan, serta pembuangan limbah. Ketika jumlah probiotik (bakteri bermanfaat) dalam saluran pencernaan mulai menurun secara drastis, ini berarti saluran pencernaan mulai tua, salah satu gejala yang paling jelas adalah sembelit.

Penyumbatan tinja kadaluarsa (kotoran yang tidak dibuang sehari semalam) di dalam usus, akan dianggap sebagai “nutrisi” dan diserap kembali oleh usus, sehingga memicu berbagai penyakit. Menurut ahli medis, bahwa lebih dari 90% penyakit secara langsung maupun tidak langsung berhubungan dengan usus besar yang tidak sehat, satu hari tidak BAB sama seperti mengisap 3 bungkus rokok.

Mereka yang hanya suka pada makanan tertentu, makan berlebihan, gangguan tidur, BAB tidak teratur, adalah kelompok orang yang organ dalamnya rentan mengalami penuaan dini.

Ahli terkait menyarankan: Bahwa untuk mencegah penuaan, terlebih dahulu harus merawat saluran pencernaan dengan baik. Disarankan sebaiknya konsumsi makanan tinggi serat 2 – 3 kali per minggu.

Dada

Payudara juga merupakan salah satu bagian tubuh yang paling cepat menua. Payudara pada kaum wanita mulai menunjukkan tanda-tanda penuaan sejak usia 35 tahun, saat demikian, jaringan dan lemak payudara mulai menurun, dan perlahan-lahan mulai terkulai (kendor). Kerap mengenakan pakaian dalam (bra) yang terlalu ketat lebih dari 18 jam juga akan memengaruhi fungsi detoksifikasi pada kelenjar getah bening aksila (kelenjar limfe/getah bening di bawah ketiak), sehingga menyumbat pembuluh darah, bahkan mungkin akan terserang hiperplasia payudara (suatu kondisi dimana sel-sel dalam payudara tumbuh secara abnormal), kanker payudara dan penyakit lainnya.

Rekomendasi ahli : Pilih pakaian dalam (bra) yang sesuai, kendurkan lingkar dada sesampainya di rumah, dan pijat kelenjar getah bening di bawah ketiak, agar dada bisa rileks sepenuhnya.

Ovarium (indung telur)

Indung telur adalah satu-satunya organ wanita yang mensekresikan estrogen dan progesteron, kondisi estrogen dan progesteron akan menentukan tingkat kecantikan remaja atau penuaan wanita.

Menurunnya fungsi ovarium akan memicu terjadinya haid tidak teratur, kulit kusam tidak bercahaya, rambut rontok, keriput bertambah, kulit kasar, sakit punggung, kaki lemas, tidak bertenaga, vaginal dryness (kekeringan pada vagina), payudara menyusut.

Rekomendasi ahli : Sering-sering menyerap produk olahan kedelai untuk memenuhi isoflavon.

Lutut

Lutut adalah salah satu bagian yang paling mudah mengungkapkan usia seseorang. Daging berlebih yang menumpuk di lutut bisa memengaruhi citra sepasang kaki secara keseluruhan, para wanita yang sering mengenakan rok dan sepatu hak tinggi, mungkin akan mengalami gejala nyeri pada lutut, merasa kaku, tulang “bergemulutuk” dan gejala lain setelah menginjak usia 35 tahun, ini menandakan bahwa sendi lutut mulai senja.

Jika lutut sudah senja, maka tubuh pun tidak akan tegak lagi, dan ini akan mengungkapkan penuaan.

Rekomendasi ahli : Jika memakai sepatu hak tinggi selama lima hari, pastikan untuk istirahat dua hari, agar lutut memiliki waktu rehat, begitu juga saat turun naik tangga, jangan terlalu cepat, hal ini untuk menghindari terjadinya cedera, terutama bagian kaki (lutut).(Jhn/Yant)

Share

Video Popular