Wijen adalah biji- bijian berukuran kecil, yang mempunyai berbagai warna, serta berbagai manfaat kesehatan bagi tubuh. Wijen kaya akan tembaga, besi, kalsium, magnesium, besi, fosfor, seng dan serat makanan, memiliki dua senyawa sesamin dan sesamolin yang dapat menurunkan kadar kolesterol dan menjaga kesehatan hati dari kerusakan oksidasi.

Berikut ada beberapa manfaat kesehatan dari wijen yang lebih rinci.

Mencegah diabetes

Magnesium dan nutrisi lain yang terdapat dalam wijen, dapat mencegah diabetes dan bahkan meningkatkan glukosa plasma. Selain itu, juga dapat mengatur kadar insulin dalam tubuh serta mengatasi gejala diabetes.

Menurunkan tekanan darah

Menurut hasil penelitian, minyak wijen bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah pada penderita diabetes karena kandungan magnesium yang tinggi. Ini dapat mengurangi ketegangan pada sistem kardiovaskular serta mencegah terkait dengan masala jantung.

Menurunkan kolesterol

Kandungan pitosterol dalam wijen menghalangi pruduki kolesterol dalam tubuh dengan demikian mengurangi kadar kolesterol. Ini dapat mengatur kadar glukosa dan insulin dalam tubuh Anda.

Membantu pencernaan

Kandungan serat yang tinggi dalam wijen juga dapat membantu sistem pencernaan Anda, serta mengurangi sembelit, diare dan gangguan pencernaan lainnya. Selain itu, juga dapat melindungi Anda dari serangan jantung dan stroke.

Meningkatkan kesehatan jantung

Antioksidan dan senyawa anti inflamasi dari wijen (sesamol) dapat mencegah aterosklerosis dan meningkatkan kesehatan jantung.

Mengurangi kecemasan

Wijen mengandung mineral seperti magnesium dan kalsium yang dapat menghilangkan stres Anda.

Vitamin thymin yang bersifat menenangkan dalam wijen, dapat menghasilkan hormone serotonin, mengurangi rasa sakit dan mempromosikan tidur yang baik dan optimal.

Mencegah kulit keriput

Minyak biji wijen dapat melidungi kulit dari sinar UV dari Matahari dan mencegah munculnya keriput dan pigmentasi.

Mencegah osteoporosis

Kalsium, zinc dan fosfor yang hadir dalam wijen, dapat meningkatkan kepadatan tulang, mencegah osteoporosis, memperkuat dan memperbaiiki cedera pada tulang Anda.

Mengurangi gejala anemia

Wijen kaya akan zat besi, yang dapat meningkatkan jumlah darah dan sangat dianjurkan untuk dikonsumsi bagi mereka yang menderita penyakit anemia.

Kesehatan pernafasan

Kandungan magnesium dalam biji wijen, dapat membantu mencegah gangguan pernapasan serta mengurangi risiko penyakit asma.

Anti kanker

wijen mengandung senyawa anti kanker seperti asam fitat, magnesium dan pitosterol, sehingga baik untuk dikonsumsi sebagai obat anati kanker.

Meredakan radang sendi

Kadar tembaga yang tinggi dari wijen, dapat mencegah dan mengurangi radang sendi. Bahkan memperkuat sendi dan tulang.

Mengurangi peradangan

Sifat anti-inflamasi dari wijen efektif dapat mengurangi peradangan di sendi, tulang dan otot. Wijen juga dapat memperkuat pembuluh darah Anda.(Anai)

Share

Video Popular