Keterangan gambar: Tampak sebuah objek tak dikenal muncul di atas matahari. (Sumber : video screenshot)

Oleh: Chen Gang

Beberapa waktu lalu, seorang wanita bernama Melissa Huffman tanpa sengaja melihat sebuah obyek tak dikenal di atas matahari saat ia sedang berada di pantai Florida, AS. Obyek yang dilihatnya itu jelas bukan bulan atau benda langit lain yang umum ditemui. Ada yang mengatakan itu adalah bintang cebol merah, juga ada yang mengatakan obyek itu adalah planet Nibiru atau juga dikenal sebagai planet X (planet penyebab akhir dunia).

Menurut cerita Huffman, ia merekam pemandangan langka itu di Sanibel Causeway, barat daya Florida, AS. Dari tayangan video yang di-uploadnya di YouTube bisa kita saksikan sebuah obyek yang terang seperti bintang di bagian atas matahari di saat menjelang malam waktu setempat.

Dalam tayangan video tersebut, ia menuturkan, bahwa posisi bulan berada di ujung langit lain ketika itu, sementara benda bercahaya terang itu juga bukan Merkurius atau Venus, ia berharap ada yang bisa menjelaskan kepadanya, obyek apa itu sebenarnya?

Huffman juga sempat meninggalkan pesannya di YouTube, ketika itu ia bersama dengan temannya, dan temannya yang juga melihat obyek terang misterius itu terperangah campur panik melihat pemandangan ganjil itu.

Video yang beredar luas itu pun kemudian memicu diskusi panas dari banyak pengguna internet, mereka merasa penasaran dan bertanya rincian kejadian itu dan menyampaikan komentar di YouTube. Ada yang bilang itu adalah bintang cebool merah, ada juga yang mengatakan obyek itu adalah Nibiru (planet penyebab kiamat). Sementara lainnya mengatakan, itu hanyalah lens flare (pijar lensa) yang disebabkan oleh paparan cahaya, namun, ada juga yang tidak setuju dengan pandangan itu.

Frank Lee, salah satu netizens mengklaim bahwa selama beberapa dekade mengamati angkasa, baik itu berupa teropong atau kamera, semuanya pernah digunakan untuk mengamati angkasa. Meurutnya, belum pernah melihat adanya obyek terang yang begitu besar di dekat matahari, obyek itu bukan Venus atau Saturnus, dan kecil kemungkinannya kalau itu adalah fenomena sun dog atau lens flare.

Konon katanya, Nibiru adalah planet liar yang ditemukan bangsa Sumeria, dalam komunitas astronomi itu adalah sebuah planet khayalan yang tidak pernah ada. Sementara itu ada ramalan yang mengatakan, bahwa planet tersebut akan menghantam bumi dan menyebabkan kepunahan manusia, sehingga ada yang menyebutnya planet akhir zaman.

Rumor di internet menyebutkan, bahwa National Aeronautics and Space Administration (NASA), AS, meluncurkan satelit astronomi inframerah pada 1983, dan menemukan planet tersebut di arah rasi bintang Orion/pemburu, tapi pihak NASA menutup informasi tersebut. Sementara itu, rumor terkait tidak mendapatkan konfirmasi apa pun dari NASA. (joni/rmat)

Share
Tag: Kategori: ASTRONOMI SAINS

Video Popular