Mobil Terbang (Network)

Beberapa novel fiksi ilmiah beberapa dekade lalu, di mana setelah tiba di era kita sekarang, akan hadir suatu mobil yang bisa terbang. Meskipun sekarang belum bisa melihatnya di jalan raya, tapi mobil seperti ini telah dibuat.

Terrafugia, perusahaan yang berbasis di Massachusetts, AS, yang khusus merancang mobil terbang, telah merancang mobil terbang TF-X model baru. Mobil ini dilengkapi dengan empat kursi, dan baling-baling di samping bodi mobil.

TF-X menggunakan sistem plug-in hybrid dengan baling-baling Bell-Boeing V-22 Osprey layaknya pesawat militer, dua baling-baling bisa berubah secara vertikal atau horisontal, mampu terbang maupun mendarat secara vertikal tanpa perlu landasan pacu untuk lepas landas.

Bodi kendaraan TF-X terbuat dari serat karbon, titanium, dan aluminium, mampu menjelajah sejauh 800 km untuk sekali perjalanan dengan kecepatan 322 kilometer per jam. Desain TF-X mengusung tema “aman, sederhana, nyaman dan praktis, sehingga hanya butuh lima menit bagi pemula sudah bisa belajar mengemudi.

Program R & D saat ini masih dalam proses, diperkirakan sampai tahun 2020 bisa diproduksi secara massal, selain itu, pemerintah bersangkutan perlu secara serius mempertimbangkan mekanisme terkait peraturan lalu lintas di udara.

Belum diketahui secara pasti mengenai harga Terrafugia TF-X, tapi menurut sumber, harga untuk Terrafugia Transition mobil terbang versi pertama ini, dibandrol seharga 279.000 Dollar AS atau sekitar Rp. 2,5 Milyar, anda tertarik? (NTDTV/Jhon/asr)

Share

Video Popular