JAKARTA – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan tak ada korban jiwa dan kerugian material akibat gempa bumi yang terjadi di Mandailing Natal, Provinsi Sumatera Utara, 85 km Barat Daya. Gempa terjadi tepatnya Minggu (8/11/2015) pukul 16:34 WIB.

“Korban jiwa nihil, kerugian material nihil,” kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho dalam pesan tertulisnya, Minggu (8/11/2015).

Catatan BNPB, gempa terasa kuat di Kabupaten Mandailing Natal selama 5 detik hingga menyebabkan masyarakat panik dan berhamburan keluar rumah. Belum ada dampak kerusakan akibat gempat yang terjadi Provinsi Sumut itu.

Gempa juga terasa cukup kuat di Kabupaten Nias Selatan ±5 detik. Masyarakat sempat panik dan belum ada dampak kerusakan. Pusat gempa berada di laut, gempa ini tidak berpotensi tsunami. Tak hanya dirasakandi Sumatera Utara, gempa juga dirasakan sejumlah warga di Sumatera Barat.

Berdasarkan peta gempa dirasakan intensitas gempa III-IV MMI di Mandailing Natal, II-III MMI di Tapanuli Selatan, II-III MMI di Padang, III MMI di Gunung Sitoli, II MMI di Pulau Samosir, II-III MMI di Mentawai, dan III-IV di Padang Sidempuan. (asr)

Share

Video Popular