Keterangan gambar: Tanah dalam hutan yang bergerak naik turun bagaikan bumi yang sedang bernapas ‘ngos’ngosan’. (video screenshot)

Oleh Chen Juncun

Seorang pria Kanada bernama Brian Nuttall menemukan tanah dalam hutan di tepi sungai yang bisa bergerak naik turun. Ia lalu merekamnya dan membagikan tontonan melalui media sosial. Videonya banyak mendapat kunjungan netizen dan mendapat berbagai komentar, termasuk : “Bagaikan bumi yang sedang bernapas ngos-ngosan.”

Rekaman pergerakan naik turun tanah hutan itu diambil oleh Brian Nuttall, warga Nova Scotia, Canada pada 31 Oktober 2015 di hutan yang diperkirakan berada di sekitar tepi sungai Apple River.

Brian membagi rekaman itu melalui akun Facebook-nya, sudah 10.000 pengunjung yang merespos dengan antusias serta memberikan tanggapan baik yang serius maupun yang sekedar iseng.

Ada netizen yang berkomentar bahwa kalau ia yang menemukan situasi demikian pasti akan ketakutan dan langsung menjauhi tempat itu, tidak akan meniru Brian yang ‘berani mati’. Ada komentar yang mengatakan bahwa dengan melihat gerakan tanah yang naik dan turun secara teratur, langsung terbayang bumi sedang bernapas ‘ngos’ngosan’.

Mengenai penyebab tanah hutan itu bisa bergerak netizen ada yang berpandangan bahwa itu diakibatkan oleh tanah menjadi lunak karena ada aliran sungai di bawahnya. Ada juga berpendapat bahwa tanah-tanah itu bergerak naik turun karena terangkat oleh akar-akar pohon yang sedang tertiup angin.

Namun Brian menulis di Facebook, tanah di hutan itu cukup kering dan tidak ada aliran sungai di bawahnya. Saat itu angin memang sedang bertiup cukup kencang dan akar-akar pohon di sana tampaknya tidak dalam masuk ke dalam tanah. Katanya, karena pohon-pohon itu tumbuh dalam hutan dan memperoleh cukup perlindungan dari pohon-pohon lainnya sehingga akarnya tidak menjalar sedalam satu atau dua pohon yang tumbuh di daerah rerumputan.

Brian Nuttall juga mengatakan, banyak pemandangan indah di Nova Scotia, ada hutan, danau, sungai, air terjun dan satwa liar. Merupakan tempat wisata yang banyak dikunjungi oleh para turis dalam dan luar negeri. (sinatra/rmat)

 

Share

Video Popular