Dengan menjilati luka baru sembuh lebih cepat – ini bukan hanya kepercayaan kuno, tapi terbukti secara ilmiah. Air liur kita antara lain terdiri dari air dan lendir, dan lendir memainkan peran penting. Merangsang sel darah putih untuk membangun pertahanan yang baik melawan invasi bakteri, menurut sekelompok peneliti dari Universitas Lund , Swedia, Universitas Copenhagen dan Universitas Odense, Denmark.

“Sel darah putih yang diantara salah satunya berada di mukosa mulut, dan mereka sebagai baris pertama pertahanan tubuh terhadap unsur infeksi. Lendir di mulut menyebabkan sel darah putih untuk menangkap dan membunuh bakteri,” jelas Ole Sørensen dari Divisi Pengobatan Infeksi.

Sebenarnya cara sel darah putih menangkap bakteri sendiri tidak baru – itu pertama kali ditemukan sekitar satu dekade lalu. Namun kelompok penelitian Lund sekarang menunjukkan bahwa jaring di mukosa mulut sangat unik, memiliki sifat khas. Jaring ini jauh lebih baik dalam menangkap dan membunuh bakteri dibandingkan dengan jaring yang diproduksi oleh sel darah putih di bagian lain dari tubuh.

“Tampaknya lebih tepatnya lendir dalam air liur yang merangsang sel-sel darah putih untuk membentuk jaring DNA dan protein ini efektif,” kata Ole Sørensen.

Share

Video Popular