Keterangan foto: Pemilihan Parlemen Myanmar diselenggarakan pada 8 November 2015. Hasil perhitungan suara sementara pada 9 November 2015 menunjukkan partai NLD yang dipimpin Aung San Suu Kyi menang atas partai yang berkuasa USDP. (AFP photo/Ye Aung Thu)

Oleh Luo Dongping

Myanmar menggelar pemilihan parlemen pada Minggu (8/11/2015), dan hasil sementara perhitungan suara pada Senin (9/11/2015) menunjukkan Partai Liga Nasional untuk Demokrasi (National League for Democracy) yang dipimpin Aung San Suu Kyi berhasil memperoleh sekitar 80% suara. Perolehan suara itu mengalahkan Partai berkuasa Union Solidarity Development Party (USDP) yang dipimpin oleh Htay Oo.

Pejabat pemilihan umum Myanmar mengatakan, hasil pemilu parlemen sementara telah diumumkan kemarin bahwa NLD telah memenangkan 15 kursi dari 16 kursi dan USDP hanya memperoleh 1 kursi.

Seluruh hasil perhitungan suara baru akan didapat pada 15 November 2015 mendatang. Namun pejabat dari NLD mengatakan, dari sebagian perhitungan suara untuk daerah Tengah yang padat penduduk telah menunjukkan bahwa 80% suara telah diberikan untuk mendukung partai yang dipimpin oleh Aung San Suu Kyi. Di luar tersebut seperti daerah Mon dan Kayin, NDL telah memperoleh 65% suara.

Pejabat NLD mengatakan bahwa hasil perhitungan suara nanti perlu disahkan terlebih dahulu oleh Komisi Pemilihan Umum Federal. Menurut laporan, jika angka-angka itu secara resmi sudah dikorfirmasi nanti, berarti partai NLD yang dipimpin Aung San Suu Kyi berhasil secara telak memenangkan pesta demokrasi di Myanmar yang baru terjadi dalam 25 tahun.

Meskipun perhitungan suara masih sedang berlangsung, namun pemimpin USDP Htay Oo sudah mengakui NLD yang dipimpin Aung San Suu Kyi sudah mengungguli partainya dan ia mengatakan akan menghormati hasil perhitungan yang dikeluarkan oleh Komisi Pemilihan Umum Federal.

Reuters memberitakan bahwa Htay Oo ketika diwawancarai mengatakan, “Kita kehilangan dukungan”.

Juru bicara NLD mengatakan, berdasarkan hasil perhitungan sementara bahwa NLD telah memenangkan 70% kursi di parlemen. Namun untuk membentuk pemerintahan pertama yang terpilih secara demokratis sejak 1960, NLD perlu memenangkan 2/3 kursi parlemen. (Sinatra/rmat)

Share

Video Popular