Presiden Jokowi dan Wapres Jusuf Kalla (KSP)

JAKARTA – Presiden Joko Widodo memimpin Upacara Peringatan Hari Pahlawan yang dilaksanakan di Tugu Pahlawan, Surabaya, Selasa (10/11/2015) pagi. Presiden Jokowi merupakan Presiden pertama kali memimpin peringatan di Kota Surabaya yang selalu identik dengan kota Pahlawan.

Peringatan Hari Pahlawan ini dihadiri oleh ribuan berbagai elemen masyarakat mulai dari TNI/Polri/Mahasiswa, OKP, Pelajar dan veteran perang. Acara di Surabaya ini turut dihadiri oleh Panglima TNI, Kapolri, Menteri Kabinet Kerja dan sejumlah pejabat.

Komandan upacara adalah Kolonel Wasinton Simanjuntak sedangkan pembacaan naskah UUD 1945 dibacakan oleh sejumlah siswa-siswi terpilih di Kota Surabaya. Di panggung kehormatan Presiden Jokowi didampingi oleh Gubernur Jawa Timur Soekarwo.

Tim Komunikasi Presiden, Ari Dwipayana, dalam siaran persnya mengatakan kehadiran Presiden di Surabaya itu menjadi catatan tersendiri, karena ini adalah kali pertama Upacara Peringatan Hari Pahlawan dilaksanakan di Surabaya dan dipimpin langsung oleh seorang Presiden.

Usai memimpin upacara, Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana akan menuju Galangan Kapal PT Adi Luhung Sarana Segara Indonesia (ALSSI) di Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur. Langkah ini dilakukan Presiden untuk menunjukkan keseriusan pemerintahan Jokowi-JK memperhatikan sektor maritim.

Presiden Jokowi dalam kunjungan kerja di Bangkalan akan meresmikan Kapal Khusus Pengangkut Ternak KM Camara 1, Kapal Perintis Tipe 750 DWT KM Sabuk Nusantara 56 dan Kapal Perintis Tipe 750 DWT KM Sabuk Nusantara 55.

Pada sore harinya, Presiden Jokowi dan Ibu Negara  Iriana, lanjut Ari, akan menuju Kota Malang. Kunjungan Presiden untuk membuka Turnamen Sepakbola Piala Jenderal Sudirman. Turnamen ini adalah turnamen yang dijanjikan Presiden usai menyaksikan pertandingan final Piala Presiden antara Persib dan Siriwijaya FC.

Hari ketiga masih di Jawa Timur, Presiden dan Ibu Negara Iriana akan menuju Tuban untuk melihat PT Trans Pacific Petrochemical Indotama (TPPI).  ‎Di TPPI ini, Presiden akan meninjau pemerosesan bensin premium di dalam negeri.

Sebelum kembali ke Jakarta, Presiden Jokowi akan  meluncurkan program penciptaan lapangan kerja melalui sinergi investasi dengan pondok pesantren di Kabupaten Gresik. Presiden dan Ibu Iriana Joko Widodo dijadwalkan akan kembali ke Jakarta pada hari Rabu (11/11) pukul 17.30 WIB, dan diperkirakan tiba di Jakarta pada pukul 18.50 WIB. (asr)

Share

Video Popular