iPad Pro mulai dirilis pada September 2015 lalu, adalah iPad dengan ukuran paling besar saat ini, Rabu 11 November mulai menerima pemesanan secara online. (Stephen Lam/ Getty Images)

Apple Inc secara resmi mengumumkan, bahwa tablet terbaru layar lebar iPad Pro dan aksesoris terkait akan mulai dijual pada akhir pekan ini. Sementara pada Rabu, 11 November 2015 sudah mulai menerima pemesanan secara online. Apple mengatakan komputer ini merupakan iPad yang paling canggih. Namun, ada juga analis industri yang mengatakan, bahwa iPad layar jumbo ini sulit untuk mengguncang kesuksesan Surface Pro besutan Microsoft.

Pre-order secara online kali ini, meliputi wilayah Amerika, Inggris, Jepang, Hongkong, Tiongkok dan 40 negara serta wilayah lainnya. Tidak termasuk Taiwan, namun diperkirakan dalam waktu dekat juga akan tersedia di pulau Formosa tersebut. iPad jumbo ini menyediakan layar yang lebih lebar bagi pengguna untuk menonton program TV, membaca e-mail dan berselancar di internet. Kepada CNN, wakil presiden senior Apple Inc, Eddy Cue mengatakan, iPad ini adalah alat yang ia gunakan setiap hari.

Audio 4 speaker

Melansir laman CNN, Eddy Cue mengatakan, sistem audio 4 spekaer dalam iPad ini membuatnya takjub. Ketika mendengar suara dari iPad Pro, untuk pertama kalinya seketika mengubah persepsinya tentang produk tersebut, dan pengguna bisa menikmati stereo dari perangkat ini.

Menurut sumber, iPad Pro telah dirilis pada September lalu, adalah iPad dengan layar terbesar saat ini, memiliki layar 12,9 inci, area tampilan hampir sama dengan notebook 13.3 inci. Hadir dengan resolusi 2732 x 2048 pixels dan 5.6 juta pixel di dalamnya membuat kualitas gambar yang dihasilkan lebih tajam. Meski hanya memiliki 264ppi, selian itu juga dilengkapi dengan fitur tampilan split, pengguna bisa secara bersamaan melihat halaman web dan merekam dengan aplikasi dokumen.

Tebal bodi iPad Pro 6,9 mm, ditanami dengan prosesor A9X 64 bit, built-in 4 speaker, dan masa pemakaian baterai yang mampu bertahan hingga 10 jam. Selain peluncuran iPad, Apple juga meluncurjkan dua aksesoris utama, yaitu Smart Keyboard dan Apple Pencil.

Apple Pencil dilengkapi dengan konektor lighting, yang dapat dicook ke iPada Pro untuk pengisian baterai, denga masa pemakaian hingga 12 jam. Apel Pencil tidak sama dengan pensil tradisional, Apple Pencil dilengkapi dengan sensor tekanan yang lebih sensitif. Demikian juga dengan Smart Keyboard telah meningkatkan fungsionalitas dan skalabilitas iPad Pro.  Apple Inc menyedikan tiga pilihan warna pada iPad Pro, yakni Space Grey, Gold dan Silver. Dengan harga jual yang dibanderol masing-masing 799 dolar AS, 949 dolar AS, dan 1,079 dolar AS (belum termasuk pajak).

Surface Pro

Secara umum, tablet bisnis Surface Pro 3 dengan layar 12 inci yang dikembangkan Microsoft mendapatkan sukses besar di pasaran. Produk tersebut memimpin tren baru untuk produk sejenis, sehingga membuat industri komputer dan kompetitor saling meniru. Termasuk Google, Apple, dan beberapa produsen computer, yang juga telah meluncurkan “tablet two in one”, atau “notebook two in one”plus keyboard fisik

Tapi menurut analis industri, jika iPad Pro ingin sepenuhnya menggantikan notebook Windows adalah hal yang mustahil. Meskipun secara performa, antarmuka dan keyboard telah ditingkatkan, namun, sistem iOS yang digunakannya itu menandakan bahwa mouse tidak akan mendapatkan dukungan yang lebih baik. Dari sisi pengolahan citra profesional, editing video software, sistem iOS pada dasarnya tidak akan sesempurna seperti Windows.

Selain itu, kelemahan lain dari iPad Pro besutan Apple ini harganya terlalu tinggi, dan kurang menarik. Jika masih harus membeli keyboard eksternal dan stylus, maka biaya yang harus dikeluarkan pengguna untuk tablet itu (iPada Pro-red) jauh lebih tinggi dari tablet 8 inci atau 10 inci produk Apple. (Jhon/asr)

Share

Video Popular