Oleh: Dr. Huang Zhong-yang

Selama bertahun-tahun, kanker menduduki peringkat pertama yang menyebabkan kematian penduduk Taiwan, kanker sulit dicegah, tapi salah satu faktornya bisa dengan mudah dicegah, dimana rasio total kematian warga Taiwan yang tidak kalah dengan penderita kanker, namun tidak mendapatkan perhatian yang cukup, yaitu hiperlipidemia (kolestrol atau lemak tinggi). Penyakit yang berhubungan dengan kolesterol atau lemak tinggi diantaranya adalah penyakit jantung, penyakit serebrovaskular (gangguan yang mempengaruhi aliran darah ke otak dan dapat mengakibatkan gangguan neurologik), diabetes, penyakit ginjal, dan tekanan darah tinggi, jumlah kematian total dari semua gabungan penyakit ini jauh melebihi kanker.

Lemak dalam darah terutama dibagi menjadi dua kelompok : Kolesterol dan trigliserida. Penelitian medis telah membuktikan bahwa kolesterol yang terlalu tinggi, dapat memicu timbulnya penyakit jantung dan pembuluh darah serta fatty liver (penimbunan lemak yang berlebihan di sel-sel hati) dan sebagainya. Hanya 20% kolesterol dalam tubuh itu berasal dari asupan makanan, sementara 80% lainnya diproduksi oleh hati, karena itu, kolesterol yang berasal dari makanan itu bukanlah faktor utama yang menyebabkan hypercholesterolemia (kolesterol tinggi), dan ini sekaligus menjelaskan mengapa ada yang mengonsumsi makanan bening (makanan non lemak) tapi tidak juga efektif menurunkan kolesterol. Demikian juga dengan obat-obatan, seperti misalnya obat sejenis statin, yaitu obat penurun kolesterol ini tidak begitu berkhasiat/efektif atau bisa memicu efek samping bagi sebagian orang.

Trigliserida adalah salah satu komponen utama dari lemak dalam darah, selain mirip dengan kolesterol yang sama-sama dapat meningkatkan kemungkinan penyakit jantung dan serebrovaskular, juga dapat mendorong terjadinya fatty liver, obesitas, penyakit ginjal dan gejala penyakit lainnya.

Red Yeast Rice (Ang-kak, Beras merah Tiongkok), aman, manjur dan alami

Red yeast rice atau Ang-kak adalah salah satu dari fermentasi tradisional, metabolitnya memiliki khasiat menurunkan kolesterol, tapi tidak semua ang-kak dapat menghasilkan komponen penurun kolesterol, bahkan ada yang mengandung mikotoksin, karena itu sebaiknya hati-hati saat digunakan.

Direkomendasikan pilihlah ang-kak berdasarkan standar uji klinis pengobatan Barat, verifikasi terkait keamanan dan kemanjuran produk, produk ang-kak yang dikeluarkan oleh badan pengawan obat dan makanan Taiwan, dan hasil penelitian juga membuktikan bahwa produk tersebut tidak seperti yang dikhawatirkan akan berefek samping dengan obat-obatan lain.

Fokus pada kolesterol tinggi adalah prioritas utama

Akibat yang disebabkan kolesterol tinggi itu sangat fatal, namun, karena tidak terasa, sehingga banyak orang yang memiliki kolesterol tinggi, tapi tidak menyadarinya, jadi, dapat dikatakan ia (kolesterol tinggi) adalah pembunuh diam-diam, dan bagaikabn “bom waktu” yang siap meledak kapan saja, terutama saat cuaca dingin, adalah musim yang mudah menyebabkan penyakit jantung dan stroke, jika tidak beruaha mengontrol kolesterol (tinggi), maka tidak tertutup kemungkinan akan menyebabkan penyesalan individu dan keluarga ! (Jhn/Yant)

Share
Tag: Kategori: KESEHATAN

Video Popular