Keterangan gambar: EM-Drive dapat mengubah fiksi ilmiah kecepatan cahaya menjadi kenyataan, demikian pungkas ilmuwan NASA dalam sebuah forum. (Nasaspaceflight.com screenshot)

Oleh: Lin Yan

National Aeronautics and Space Administration (NASA) mengatakan, “mesin tanpa bahan bakar yang dijuluki “Impossible” ini meskipun bertentangan dengan hukum fisika, tapi terbukti dapat menghasilkan daya dorong. Jika digunakan pada pesawat ruang angkasa, maka kecepatannya bisa mencapai Mars hanya dalam tempo 10 minggu.

Seperti diberitakan “Daily Mail” Inggris, baru-baru ini, setelah beberapa kali uji coba, dan mengesampingkan beberapa kekeliruan, NASA menyatakan bahwa EM-Drive (juga dikenal sebagai drive elektromagnetik atau warp drive) ini memang dapat menghasilkan daya dorong tanpa perlu bahan bakar roket konvensional. Namun, mekanisme pendorong yang tidak biasa ini tidak dapat dijelaskan dengan hukum fisika saat ini.

Keterangan gambar: Ilmuwan NASA memposting uji coba EM-Drive dalam sebuah forum diskusi. (Nasaspaceflight.com screenshot)

Insinyur senior Paul March dari NASA Eagleworks di Johnson Space Center yang terlibat dalam riset tersebut mengatakan, bahwa NASA telah berhasil melakukan tes pada mesin terkait di bawah ruang vakum keras. Menurut Paul, mekanisme mesin terkait tidak dapat diperkirakan secara hukum fisika seperti dalam gaya Lorentz (gaya dalam fisika), termodinamika maupun hukum fisika lainnya, namun, tetap dapat menghasilkan sinyal dorong non-konvensional.

Hingga detik ini, para insinyur masih tidak dapat menjelaskan sumber pendorongnya. Namun, EM-Drive dapat mewujudkan perjalanan antar planet dalam fiksi ilmiah seperti Star Trek. Mereka memperkirakan, jika menggunakan EM-drive pada pesawat ruang angkasa, maka bisa mencapai bulan hanya dalam tempo 4 jam, 70 hari (10 minggu) tiba di Mars, bahkan dalam 100 tahun mampu menuju ke Alpha Centauri yang jaraknya 4 tahun cahaya dari bumi.

Keterangan gambar: Meskipun prinsip daya dorong EM-Drive bertentangan dengan hukum fisika, hukum kekekalan momentum, namun, dapat menghasilkan propulsi (sistem penggerak-pendorong). (video screenshot)

Situs resmi NASA sebelumnya pernah mengataka, “Selama bertahun-tahun, banyak teori-teori mustahil dalam penelitian ilmiah kini telah menjadi kenyataan.

Adapun mengenai EM-Drive apakah dapat dipraktikkan secara nyata? Pihak NASA mengatakan, “Dalam waktu dekat, ia masih berupa mimpi.” (joni/rmat)

https://www.youtube.com/watch?feature=player_embedded&v=D3on1kKBXpM

 

Share

Video Popular