Banyak fitur smartphone 2016 akan ditingkatkan, karena chip generasi terbaru Snapdragon 820 yang diluncurkan Qualcomm pada 10 November lalu dan audio chip yang juga baru di-upgrade. (video screenshot)

Berencana untuk mengganti ponsel? tapi sebaiknya tunggu dulu. Terbetik berita, bahwa fitur smartphone model baru pada 2016 mendatang akan lebih mumpuni. Gsmartphone generasi berikutnya selain lebih cepat untuk men-download dan meng-upload dari smartphone sebelumnya.

Dikabarkan ponsel pintar ini akan dilengkapi dengan 3D stereo surround sound, performa kamera yang lebih baik pada ruang gelap dan daya tahan baterai yang lebih lama serta fitur tambahan lainnya. Banyak fitur smartphone 2016 mendatang seperti dilansir laman CNN Money (11/11/2015) akan ditingkatkan secara performa, hal ini terutama disebabkan chip generasi terbaru Snapdragon 820 yang diluncurkan Qualcomm pada 10 November lalu dan audio chip yang juga baru di-upgrade.

Lebih dari setengah smartphone di dunia menggunakan chip Qualcomm, termasuk Galaxy S series andalan Samsung. Hampir dua pertiga smartphone menggunakan audio chip Qualcomm yang terhubung ke Wi-Fi dan jaringan seluler, termasuk iPhones besutan Apple Inc.

Lebih dari setengah smartphone di dunia menggunakan chip Qualcomm, termasuk Galaxy S series andalan Samsung. Hampir dua pertiga smartphone menggunakan audio chip Qualcomm yang terhubung ke Wi-Fi dan jaringan seluler, termasuk iPhones besutan Apple Inc.

Berikut adalah fitur-fitur baru yang ditanami dengan chip generasi baru Snapdragon 820 dari Qualcomm.

1. Lebih cepat
Kecepatan download smartphone 2016 akan mencapai 600 MB per detik, sementara untuk upload mampu hingga 150MB, tingkat kecepatan ini adalah dua kalinya dari smartphone tercepat saat ini. Di Amerika, tidak ada satu perusahaan telekomunikasi yang menyediakan kecepatan hampir 600 Mbps, tapi chip Qualcomm bisa secara otomatis membundel atau mengikat tiga sinyal nirkabel yang berbeda, sehingga menjadi lebih cepat.

2. Kualitas panggilan semakin baik
Smartphone generasi berikutnya dapat menentukan apakah panggilan telepon melalui Wi-Fi atau jaringan seluler, sehingga kualitas panggilan dapat ditingkatkan. Smartphone generasi berikutnya juga dapat mengoptimalkan kinerja antena, ia akan mengawasi posisi tangan pengguna dan mengirimkan sinyal di sekitar obyek penghalang.

3. Foto yang lebih jelas
Ingin mengabadikan pemandangan matahari terbenam, ini bukanlah hal yang mudah bagi sebagian besar smartphone saat ini. Tapi smartphone generasi berikutnya mampu menangkap pemandangan lebih dekat sebagaiman yang terlihat oleh mata kita, terutama pemandangan di kala senja/gelap.

4. 3-D stereo surround sound
Suara/speaker dari smartohone generasi baru akan terdengar lebih jelas dan bening, ditanam dalam kisaran yang aman. Anda juga bisa merasakan sensasi 3-D stereo surround sound ketika memakai headphone.

5. Daya tahan baterai lebih lama
Chip Snapdragon 820 yang baru hemat energi, lebih hemat 30% dari chip snapdragon 810 generasi sebelumnya. Selain itu juga tidak begitu mudah panas.

(Jhon/asr)

Share

Video Popular