Perubahan adalah hal yang besar ketika itu dilakukan demi kebaikan. Tapi bagaimana kita menavigasinya pada saat yang kritis – dalam kasus seperti mengakhiri sebuah hubungan, pernikahan atau pekerjaan?

Perubahan terjadi ketika keadaan kita bergeser. Transisi adalah proses batin tentang bagaimana kita menavigasi dan menyesuaikan diri dalam menanggapi perubahan ini. Apa yang dulunya adalah ruang yang diisi dengan perasaan akrab kini telah dikosongkan dengan meninggalkan begitu banyak emosi yang bercampur aduk.

Berikut beberapa tips tentang cara untuk menavigasi:

Lepaskan masa lalu

Tanpa melepaskan masa lalu, kita tetap terjebak dalam energi ‘lama’, yang menghambat kemajuan dan pergeseran transisi. Sadari pikiran dan cerita yang Anda rasakan dapat menempatkan diri Anda dalam ruang kerinduan untuk kembali ke hal-hal yang lalu.

Jangan menjejalinya

Terkadang masa lalu sulit untuk dibiarkan pergi, karena kita memiliki perasaan memendam amarah, menyesal atau kebencian. Mungkin kita tidak ingin melepaskan perasaan akrab itu atau kita takut menyerah dengan cara lama, yang meninggalkan kita dalam kerugian. Mungkin kita berpikir bahwa hidup tidak akan pernah sebaik itu. Luangkan waktu yang tepat untuk berduka, memprosesnya dan menyelesaikan emosi bukannya menjejali mereka, karena hanya akan memengaruhi kesehatan tubuh dalam jangka panjang.

Gunakan sebagai kesempatan untuk bertumbuh

Mengevaluasi situasi dan setiap pelajaran yang Anda lihat dapat diterapkan untuk bergerak maju. Apa bagian dari diri Anda yang sedang dipicu oleh perubahan? Apa bagian dari Anda yang paling dirasa rentan? Mengidentifikasi emosi dan ketakutan di belakang mereka, adalah semua indikator yang baik pada beberapa pekerjaan diri untuk melakukan hal yang akan membantu menggeser transisi Anda melalui keyakinan dan perspektif baru dengan menyiapkan jalan baru. Tandai cara lama telah berakhir sehingga Anda dapat bergerak dan melangkah ke yang baru.

Anda lebih berakal dari yang diduga

Buatlah daftar mengidentifikasi kerugian. Pikirkan lagi bagaimana kebutuhan Anda dapat dipenuhi dalam periode perubahan baru ini dan bertanya pada diri sendiri bagaimana dapat menggunakan sumber daya batin Anda untuk membantu memenuhi kebutuhan ini. Apa yang dilakukan cara baru untuk membantu Anda menavigasi ruang baru ini?

Mendefinisikan kembali tujuan hidup Anda dan berniat bergerak

Bahkan jika Anda mungkin belum tahu apa tujuan hidup, tetaplah sederhana seperti “membawa kebaikan dan cinta kasih kepada orang-orang yang berinteraksi dengan saya”. Menjaga hal-hal sederhana dan positif, akan membantu Anda menggeser lebih cepat dan lebih mudah.

Terima bukannya menolak

Rangkul keadaan limbo (terlantar). Setelah melepaskan, Anda mungkin menemukan diri terlantar, tidak tahu apa yang harus dilakukan, siapa Anda atau ke mana harus pergi. Selamat datang di zona netral, di mana Anda mungkin merasa tidak nyaman, bingung dan bahkan mungkin tak berdaya. Kabar baiknya adalah bahwa itu normal. Mengetahui bagaimana menavigasi zona netral sangat penting namun untuk awal baru yang ada di depan. Selama periode ini akan sangat membantu untuk:

1. Atur kembali harapan Anda dan hanya ‘biarkan’ tanpa mengukur atau menilai diri pada standar Anda – yang kini telah berusia. Ini berarti pengaturan yang baru. Jadilah rendah hati, lemah lembut dan penuh kasih pada diri sendiri. Berbicara pada diri sendiri sebagai orang ketiga adalah sumber daya yang besar untuk berjalan sendiri melalui berbagai situasi, karena dapat membantu menyesuaikan perspektif.

2. Kreatiflah. Ini adalah waktu terbaik untuk mengeksplorasi hal-hal baru dan mencari solusi kreatif. Perhatikan apa yang menginspirasi dan membuat Anda merasa baik, semua bisa menjadi petunjuk navigasi yang dapat mengubah arah hidup dan pengalaman yang akan membantu Anda mendefinisikan kembali identitas baru Anda, kehidupan atau cara yang bahkan jika pada saat itu mungkin tampak tidak mungkin. Bahkan, Anda sudah mulai menebar benih baru meskipun Anda mungkin tidak berpikir begitu.

3. Menjaga perspektif yang lebih tinggi. Menghabiskan waktu sendirian untuk bermeditasi dan percaya bahwa kekuatan yang lebih tinggi sedang bekerja bagi Anda. Serahkan keraguan dan ketakutan yang mengalihkan perhatian Anda dan dapat menjaga untuk tidak terjebak dalam ketakutan. Ketahuilah bahwa periode ini hanya sementara dan akan menjadi lebih baik. Anda akan mendapatkan keluar hidup-hidup, sehat dan baik. Perubahan adalah salah satu dari prinsip universal evolusi kehidupan itu sendiri-segala sesuatu memiliki awal dan akhir. Kenali dan percaya bahwa Anda berkembang dalam beberapa cara meskipun mungkin tidak merasa seperti itu. Anda lebih kuat dari yang Anda pikirkan. Dan bahkan sesuatu yang lebih baik telah menunggu.

4. Biarkan diri untuk menerima sebuah awal baru. Meskipun mungkin menakutkan karena baru dan asing, yang penting untuk diingat adalah untuk hanya mengambil langkah-langkah ke depan.

Cara kita menavigasi perubahan dan transisi akan menentukan pengalaman masa depan kita. (Ajg/Yant)

Share
Tag: Kategori: KELUARGA

Video Popular