Keterangan gambar: Gempa 7 SR Terjadi di Pantai Barat Daya Jepang. (internet)

Oleh Li Modi

Telah terjadi gempa berskala 7 ke atas pada Sabtu (14/11/2015) pukul 05:51 pagi di pantai barat daya Jepang. Japan Meteorological Agency (JMA) kemudian mengeluarkan peringatan Tsunama berwarna kuning untuk ketiga wilayah pantai itu.

Episentrum gempa terletak di 159 km barat daya Makurazaki, dengan kedalaman 10 km. Badan meteorologi AS menurunkan kekuatan gempa menjadi 6.5 SR tetapi oleh JMA ditetapkan sebagai 7 SR.

Dalam peringatan tsunami itu, JMA mengatakan karena akan terjadi arus kuat di permukaan laut, maka orang-orang dilarang berada di daerah pesisir khususnya yang dekat dengan pusat gempa selama larangan belum dicabut. JMA memperkirakan tsunami tidak menyebabkan kerusakan serius pada daerah pesisir.

Pusat Peringatan Tsunami Pasifik (Pacific Tsunami Warning Center) mengatakan bahwa tsunami tidak akan menimbulkan kerusakan pada daerah pesisir Hawai atau pantai barat Amerika.

Jepang adalah negara yang rawan gempa. Gempa dan tsunami besar terakhir berkekuatan 9 skla Richter terjadi di pantai timur laut Jepang dengan kedalaman 24.4 km pada 11 Maret 2011, menyebabkan  beberapa kota pesisir termasuk pembangkit listrik tenaga nuklir di Fukuchima mengalami kerusakan parah. (sinatra/rmat)

Share

Video Popular