Google mengumumkan, tidak akan lagi memberikan dukungan pembaruan atau update untuk peramban Chrome di Windows XP dan Vista, meski update dihentikan, namun bukan berarti browser Chrome akan berhenti bekerja. Pengguna Windows XP masih tetap bisa menggunakan Chrome untuk berselancar di dunia maya. (KIMIHIRO HOSHINO/AFP/GettyImages)

Mulai 2016 mendatang seperti dilansir laman Computerworld, sistem operasi Windows XP akan menjadi lebih tidak aman, karena pada Selasa, 10 November lalu, Google baru saja mengumumkan bahwa peramban Chrome akan berhenti mendukung Windows XP dan Vista dan sistem lawas lainnya.

Bagi pengguna sistem operasi Windows XP dan Vista, tetap bisa menggunakan Chrome setelah April 2016 mendatang. Namun Google akan menghentikan semua update dan dukungan pada sistem tersebut, termasuk patch keamanan. Sementara itu, bagi pengguna yang menggunakan Mac OS 10.6,10.7 dan10,8 Apple, Chrome juga tidak akan lagi memberikan update versi terbaru.

Pihak Google mengatakan, mereka menghentikan update Chrome, karena sistem operasi ke lima versi tersebut di atas telah dihentikan dukungannya baik dari Microsoft maupun Apple. Dalam sebuah blog post, Marc Pawliger, Director of Engineering and Early Notifier menjelaskan bahwa “Sistem operasi tua seperti XP memiliki banyak celah keamanan dan berisiko terserang malware atau virus.”

Google mengatakan bahwa pihaknya sudah berencana menghentikan dukungan pada sistem operasi lawas sejak awal 2015 lalu, terutama Windows XP. Namun, produk yang sudah lebih dari 10 tahun ini, secara umum masih banyak digunakan oleh beberapa keluarga dan perusahaan.

Sejak 2014 lalu, Microsoft telah menghentikan dukungan untuk Windows XP, namun, beberapa instansi pemerintah, seperti Angkatan Laut AS, masih terus menggunakan sistem ini. Bagi pengguna komputer Mac lawas, ini adalah berita buruk. Komputer-komputer lawas ini terjebak dalam versi OS 10.6.8, dan bisa jadi ini juga merupakan pukulan bagi mereka yang masih terus menggunakan Power Books maupun Power Mac. (Jhon/asr)

Share

Video Popular