Keterangann foto: Pernikahan sepasang kembar foto bersama 3 pasang saksi yang juga kembar. (Paulraj/Facebook)

Oleh: Sally

Baru-baru ini sepasang pemuda kembar menikahi gadis yang juga kembar di daerah Kerala, India, pernikahan dilangsungkan dengan cara Kristen. Pendeta yang memimpin pernikahan itu ternyata juga sepasang saudara kembar. Bahkan pria pengiring dan gadis pengapit pengantin masing-masing juga kembar. Pernikahan ini menjadi menarik perhatian orang karena ia melibatkan 5 pasangan kembar. Tentunya suasana meriah juga meningkat 5 kali lipat.

Kedua mempelai kembar itu selain berpotongan rambut sama juga berbusana kembar yang sering membuat orang yang kurang dekat dengan mereka bingung siapa adalah siapa. Pernikahan ini dikenal sebagai pernikahan kuartet.

India adalah negara religius dengan berbagai macam kepercayaan, Kristen adalah agama terbesar ketiga di India yang dianut oleh sekitar 2 – 2.9% penduduk. Agama Kristen banyak dianut oleh penduduk wilayah selatan India seperti Kerala dan Tamil Nadu, Nagaland dan Mizoram di bagian timur laut India juga Goa yang terletak di India bagian barat.

Pernikahan cara Kristen di India tidak seluruhnya menjiplak pernikahan cara Kristen Barat meskipun prinsip dasarnya masih tetap terjaga. Pernikahan Kristen biasanya dilangsungkan di gereja. Pengantin pria memakai jas dan pengantin wanita mengenakan gaun putih panjang.

Di hadapan pengantin, pendeta akan menekankan kesucian sebuah pernikahan, memimpin doa dan menyaksikan sumpah antar mereka yang ingin dipersatukan. Juga membaca beberapa ayat Alkitab. (sinatra/rmat)

Share

Video Popular